Whatsapp Akhirnya Diblokir Total Oleh Pemerintah Cina

Whatsapp Akhirnya Diblokir Total Oleh Pemerintah Cina

Channel24indo – China akhirnya sungguh-sungguh memblokir Whatsapp. Facebook saat ini sama sekali tidak mempunyai gigi di daratan China, sebab Whatsapp yaitu aplikasi terakhir perusahaan asal Amerika Serikat itu di sana.

Sebelumnya, pemerintah China mulai sejak 2009 telah memblokir Facebook. Kebijakan ini bikin aplikasi sosial media lokal Weibo jadi digemari banyak orang. Instagram juga tidak di beri tempat oleh pemerintah China.

Terakhir, pemerintah China mulai memblokir beberapa fitur Whatsapp di sana. Pemakai kesusahan membuka foto serta video. Tetapi kali ini, pemerintah China serius membendung aplikasi itu.

Pemerintah China tengah tingkatkan firewall kepunyaannya untuk mendeteksi serta memblokir protokol yang dipakai Whatsapp untuk mengirim teks. Sebelumnya, China juga telah menguatkan firewallnya dengan kode untuk memblokir foto serta video Whatsapp. Demikian di sampaikan Nadim Kobeissi, kriptografer, seperti diambil dari CNN Indonesia.

Disamping itu, Facebook sendiri sesungguhnya memerlukan China untuk selalu menumbuhkan usaha mereka. Sebab, milyaran masyarakat China-lah yang belum juga ditundukkan oleh perusahaan itu. Mark Zuckerberg sendiri diberitakan tengah belajar intensif bahasa Mandarin.

Pemblokiran ini adalah salah satu usaha China untuk memperketat pengawasan pada aplikasi yang beredar di negaranya. Whatsapp memakai end-to-end encryption yang buat pemerintah China tidak dapat lihat isi pesan yang dikirimkan antar pengguna.

Namun aplikasi pesan instan lain seperti Skype serta Apple FaceTime masih tetap diijinkan di sana karena tidak mempunyai kebijakan kerahasiaan seketat Whatsapp.

Baca juga : Apple dan Nitendo memperebutkan memory flash NAND

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *