Waspada, Saat Puasa Jenis Penyakit Ini Sering Muncul

Waspada, Saat Puasa Jenis Penyakit Ini Sering Muncul

Channel24indo – Beberapa riset memang menunjukkan, puasa memberi banyak faedah untuk kesehatan. Satu diantara studi yang dilaporkan oleh Gulf News, puasa bisa menolong pembakaran lemak jahat didalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, dan kurangi resiko penuaan serta penyakit beresiko.

Namun kenyataannya, seringkali juga sebagian orang yang alami masalah kesehatan waktu berpuasa. Mungkin saja hal semacam ini dikarenakan badan kita merasakan “kaget” karena perubahan pola makan yang mendadak.

Dari yang umum makan 3x sehari di saat pagi, siang, dan malam, saat bulan puasa jadi makan paling tidak 2 x sehari, yaitu saat magrib serta sahur. Untuk mempersiapkan diri menyongsong Ramadan, nampaknya anda butuh tahu sebagian gangguan kesehatan yang biasa didapati waktu bulan puasa.

Asam lambung

Waspada, Saat Puasa Jenis Penyakit Ini Sering Muncul
Salah satunya penyakit yang umum berlangsung saat berpuasa yaitu naiknya asam lambung karena perut yang kosong sepanjang hari. Gangguan ini juga akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan saat tubuh juga akan menyesuaikan diri.

Satu diantara penyebab naiknya asam lambung yaitu saat anda langsung tidur 30 menit sesudah makan sahur. Bila memang mau tidur sesudah sahur, tunggu paling tidak 1 jam setelah sahur supaya asam lambung tidak naik.

Sakit kepala

Waspada, Saat Puasa Jenis Penyakit Ini Sering Muncul
Sakit kepala dapat dikarenakan banyaknya hal. Salah satunya adalah tekanan darah yang rendah dan minimnya supply gula dari makanan. Sakit kepala dapat juga karena sebab rasa kantuk karena alur tidur yang agak beralih serta kebiasaan pekerjaan yang menuntut banyak tenaga serta fikiran.

Untuk kurangi sakit kepala waktu puasa, biasakan untuk tidur sekurang-kurangnya 7 jam, jauhi minum kopi, serta perbanyak konsumsi makanan yang kaya gizi.

Dehidrasi

Waspada, Saat Puasa Jenis Penyakit Ini Sering Muncul
Memang tidak dapat dimungkiri cairan badan sepanjang berpuasa juga akan menyusut drastis. Kekurangan cairan juga akan mengakibatkan bibir serta kulit kering sampai dehidrasi. Untuk menghindar dehidrasi, jauhi minuman manis waktu sahur serta kurangi kesibukan fisik diluar ruangan.

Radang Tenggorokan

Waspada, Saat Puasa Jenis Penyakit Ini Sering Muncul
Makanan berminyak seperti gorengan memang sering jadi menu buka puasa yang paling diminati. Namun, cermati tanda radang tenggorokan serta batuk yang pasti juga akan mengganggu aktivitas ibadah anda.

Pasalnya, terus-terusan konsumsi gorengan juga akan merangsang tenggorokan jadi sensitif. Boleh-boleh saja makan gorengan asal disertai dengan mengkonsumsi air putih yang banyak dan buah-buahan fresh ya…

Sembelit

Waspada, Saat Puasa Jenis Penyakit Ini Sering Muncul
Sembelit atau susah buang air besar terjadi dikarenakan kurangnya cairan serta serat hingga mengganggu system pencernaan tubuh. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayuran dan buah-buahan seperti pepaya.

Hindari terlalu sering konsumsi makanan yang memiliki kandungan banyak lemak seperti opor, nasi padang, serta goreng-gorengan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *