Vanessa Angel Disebut Depresi, Ini Saran Psikolog

Vanessa Angel Disebut Depresi, Ini Saran Psikolog

Channel24indo – Mendekam di penjara memang berdampak pada sisi psikologis seseorang. Psikolog Anna Surti Ariani, MPsi. menyebut dukungan kerabat dan keluarga sangat dibutuhkan untuk mencegah risiko depresi.

“Mengunjungi, kalau bisa datang secara teratur. Contohnya setiap Sabtu, atau sekali 2 minggu. Dengan kita mengunjungi secara rutin, itu bisa memberikan harapan terhadap yang bersangkutan, dengan ketemu, jadikan ada kesempatan ngobrol, itu juga memberikan hiburan untuk mereka juga,” jelas Nina, sapaannya, kepada wartawan, Selasa (26/3/2019).

Dukungan positif juga bisa dilakukan dengan mengajak tahanan maupun narapidana tersebut berdoa. Nina juga mengatakan, dengan membawakan makanan untuk kerabat yang sedang di penjara bisa membantu membangun pemikiran baik.

“Membawakan makanan kesukaannya akan menjadi hal jitu, dan bisa menjadi penghibur. Namun ada beberapa penjara yang tidak bisa membawa makanan ke dalamnya. Dengan bernyanyi bersama pun bisa membantu untuk meredakan stres dan pemikiran buruk,” tutupnya.

Penjara tentu bukanlah sebuah tempat yang menyenangkan bagi siapa pun dan tinggal di penjara tentunya bisa menimbulkan stres. Sebagai orang terdekat, ada baiknya untuk tetap memberikan support dan dukungan secara moral.

Nina menjelaskan, jika kondisinya sudah parah seseorang yang mengalami depresi bisa mengalami pikiran dan bahkan usaha untuk bunuh diri. Butuh pengawasan oleh kerabat dan keluarga terdekat.

Ada disebut tanda-tanda depresi. Ada yang sudah terdiagnosis mengalami depresi. Itu adalah hal yang berbeda. Kalau seseorang sudah mengalami depresi, kemungkinan semua tanda depresi pure ada pada dia. Biasanya itu juga ada durasi waktunya, nggak baru sehari saja mengalami keluhan terus kita langsung bilang dia depresi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *