Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak terima ada laporan rusaknya karena gempa bumi yang mengguncang Lokasi Itu

Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak terima ada laporan rusaknya karena gempa bumi yang mengguncang Lokasi Itu

channel24indo – Tubuh Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur, tidak terima ada laporan rusaknya karena gempa bumi yang mengguncang lokasi itu. Gempa di Malang berkekuatan 5, 1 Taraf Richter berlangsung, Rabu (8/8/2018) seputar jam 13. 09 WIB.

Kepala BPBD Kabupaten Malang Bambang Istiawan menyampaikan, sampai malam ini tidak ada laporan masuk ke team yang mengatakan berlangsung rusaknya karena gempa Malang.

Sampai malam hari ini saya masih tetap di kantor, tidak ada laporan benar-benar mengenai rusaknya, kata Bambang di konfirmasi di Malang.

Lokasi pesisir selatan Kabupaten Malang yang disebut lokasi paling dekat dengan titik pusat gempa juga diawasi. Akhirnya, di Kecamatan Gedangan, Donomulyo, Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo tidak ada rusaknya apa pun.

Berarti, kami sampai sekarang ini tidak temukan ada rusaknya. Ditambah lagi memang tidak ada gempa susulan berkekuatan besar, tutur Bambang.

Hasil analisa Tubuh Meteorologi Klimatologi serta Geofisika (BMKG), titik pusat gempa berada di koordinat 8, 92 Lintang Selatan serta 112, 41 Bujur Timur. Berjarak 88 km. selatan Kepanjen, Kabupaten Malang atau persisnya berpusat di laut pada kedalaman 42 km..
Kepala BMKG Karangkates, Malang, Musripan menyampaikan, gempa di Malang cuma sekali yang guncangannya benar–benar merasa begitu berarti.

Kalaupun juga ada gempa susulan, itu cuma sekali serta tidak merasa, kata Musripan.

Gempa bumi berkedalaman dangkal itu disebabkan kegiatan subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelinap ke bawah Lempeng Eurasia. Gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan sistem gerakan type sesar naik (thrust fault).

Guncangan gempa di Malang itu dilaporkan tidak cuma dirasa penduduk lokasi Malang serta sekelilingnya. Tetapi juga di Tretes, Tulungagung, Lumajang, Yogyakarta serta Kuta, Bali. BMKG juga pastikan gempa bumi itu tidak punya potensi tsunami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *