Timah Dari Bangka Belintung Bahan Baku Pembuatan Smartphone di Seluruh Dunia

Timah Dari Bangka Belintung Bahan Baku Pembuatan Smartphone di Seluruh Dunia

Channel24indo – Timah Dari Bangka Belintung Bahan Baku Pembuatan Smartphone di Seluruh Dunia. Di dalam handphone terdapat ratusan komponen seperti tembaga, timah, dan emas dalam papan sirkuit yang digali dari tambang di seluruh dunia. Hampir dapat dipastikan timah yang ada dalam gadget anda berasal dari Pulau Bangka-Belitung.

Timah menjadi komponen penting dalam telepon selular dan sedikitnya terdapat 7 gram timah dalam setiap unit telepon tersebut.⠀Perekat yang menahan semua resistor, transistor, dan rangkaian terpadu dalam peralatan elektronik adalah bahan solder kaya timah, campuran yang terdiri dari 95 % timah plus perak dan tembaga.

Timah belum ada barang penggantinya, tanpa timah smartphone tidak akan ada. Timah bersifat kuat, ringan, dan tahan karat. Produsen besar di dunia smartphone seperti Nokia, Sony, BlackBerry, Motorola, dan LG Electronis telah lama mengakui bahwa produk-produknya mengandung timah hasil penambangan di Pulau Bangka, Indonesia. Samsung dan juga Apple dinyatakan masing-masing mendapatkan pasokan timah dari perusahaan negara, PT Timah (Persero) Tbk dan juga melalui perantara Shenmao dan Chernan.

Pertambangan timah di Indonesia sudah dimulai sejak awal abad ke-19. Saat itu salah satu tujuan dilakukan penambangan adalah mengumpulkan timah untuk digunakan sebagai campuran untuk aluminium, bahan penghantar listrik, dan pelat timah. Kini tujuannya tidak jauh berbeda, hanya saja utamanya untuk memenuhi bahan pembuat smartphone dan berbagai peralatan elektronik lainnya.

Indonesia adalah pengekspor timah terbesar kedua di dunia dimana sekitar 90 persen timah Indonesia berasal dari Bangka-Belitung. Bisa juga dikatakan Pulau Bangka-Belitung menghasilkan hampir sepertiga timah dunia. Jadi kemungkinan besar komputer, tablet, atau smartphone yang anda pegang saat ini bahan bakunya berasal dari Pulau Bangka, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *