Tiga Hakim yang Vonis Ahok Tidak Ditemukan Pelanggaran oleh MA

Tiga Hakim yang Vonis Ahok Tidak Ditemukan Pelanggaran oleh MA

Channel24indo – Mahkamah Agung menjelaskan tidak mendapatkan pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga hakim yang menangani perkara Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam proses seleksi promosi jabatan dan mutasi. Ketiga hakim itu adalah adalah Dwiarso Budi Santiarto, Abdul Rosyad, dan Jupriyadi.

” Kami belum mendapatkan ada pelanggaran yang dilakukan tiga hakim ini, ” tutur Kepala Biro Hukum dan Humas MA, Ridwan Masnyur.

Walau demikian MA mempersilakan masyarakat dan Komisi Yudisial untuk memberi masukan pada MA bila memang ditemukan ada pelanggaran yang dilakukan oleh ketiga hakim itu.

Dalam melaksanakan seleksi promosi jabatan dan mutasi, lanjut Ridwan, MA juga melakukannya dengan cara selektif serta terbuka. Ridwan mengatakan proses seleksi itu memerlukan waktu tiga hingga empat bulan. Sehingga bila pengumuman promosi serta mutasi itu dilaksanakan sehari usai pemberian vonis pada Ahok cuma sebuah kebetulan semata.

” Mutasi serta promosi itu banyak aspek, yang pastinya kepangkatan dan masa kerja, dan ada penelusuran rekam jejak hakim yang bersangkutan, ” kata Ridwan.

Tiga anggota majelis hakim dalam perkara penodaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama dengan kata lain ahok memperoleh promosi.

Sebelumnya, pada 10 Mei lalu dalam situs Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum MA dijelaskan berdasarkan hasil rapat Tim Promosi Mutasi (TPM) hakim, Dwiarso yang juga merupakan ketua majelis hakim perkara Ahok, sekaligus ketua Pengadilan Jakarta Utara, di promosikan jadi hakim tinggi di Pengadilan Tinggi Denpasar, Bali.

Lainnya Jupriyadi, yang menjabat sebagai wakil ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara, di promosikan jadi ketua Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat.

Sedangkan Abdul Rosyad, di promosikan jadi hakim tinggi Pengadilan Tinggi Palu. Dia sebelumnya merupakan hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *