Tegaskan PDIP Anti-KKN, Hasto Sindir Prabowo soal Korupsi Stadium 4

Tegaskan PDIP Anti-KKN, Hasto Sindir Prabowo soal Korupsi Stadium 4

Channel24indo – Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto berbicara Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) di hadapan kader PDIP se-Indonesia. Hasto mengatakan PDIP menentang keras KKN.

“PDIP anti-KKN,” kata Hasto di gedung DPP PDIP Jakarta, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (1/12/2018).

PDIP, sebut Hasto, tak segan memecat kader yang terbukti terjerat korupsi. Selain, itu Hasto menyebut PDIP memiliki aturan ketat mengenai keanggotaan legislatif dalam keluarga.

“Mereka yang korupsi kita berikan sanksi pemecatan. Kita ada batasan 2 anggota legislatif dalam 1 keluarga. Itu pun tidak boleh berada pada tingkatan yang sama,” ujarnya.

Hasto mengatakan, nilai-nilai anti-KKN PDIP ini merupakan arahan sang Ketum, Megawati Soekarnoputri. Ia pun sempat menyindir pernyataan Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang mengibaratkan korupsi Indonesia seperti kanker stadium 4.

“Kita jalankan perintah Ketum, sehingga calon kita tidak ada satupun yang kena sanksi korupsi,” tutur Hasto.

“Sementara mereka yang berteriak-teriak korupsi kita stadium 4, tidak bisa bereskan partainya dari kader-kadernya yang korupsi,” pungkasnya.

PDIP menyebut Presiden RI ke-2, Soeharto, merupakan guru korupsi Indonesia. Partai Berkarya tak terima dengan tudingan itu.

“Jangan menzalimi dan mencap Pak Harto seperti itu. Kami anak ideologis beliau di Partai Berkarya tidak terima,” kata Ketua DPP Berkarya Badaruddin Andi Picunang saat dihubungi, Rabu (28/11/2018).

Andi menjelaskan persoalan korupsi sudah ada sejak pemerintahan Hindia-Belanda. Ia meminta tak ada pihak yang menyudutkan Soeharto.

Lagipula, lanjut Andi, tak pernah ada bukti yang menyatakan Soeharto korupsi. Selain itu, TAP MPR 11/1998 tentang Penegakan Hukum Pidana Korupsi tidak merujuk ke Soeharto secara pribadi.

“Adakah bukti beliau korupsi? Kan tidak ada. Bukti hukum tidak ada. Kalau kroni-kroninya mungkin ada, tapi tidak ke pribadi beliau,” ucapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *