Satpol PP Ciduk Pelaku Tiktok Konten Mesum

Video TikTok yang dilakukan remaja putri viral dengan latar belakang pasangan berhubungan badan, viral di media sosial. Remaja putri yang menggunakan baju warna oranye terlihat asyik berjoged. Ia tidak menyadari merekam sepasang remaja yang berhubungan badan di ranjang di belakangnya.

Banjarmasin, video viral tersebut diambil di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan oleh remaja yang masih di bawah umur. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarbaru melalui bidang Tibum dan Tranmas Seksi Opsdal bersama Dinas Perlindungan Perempuan dan Anak Kota Banjarbaru segera melakukan penyelidikan.

Pihak Satpol PP menyisir beberapa titik pengindapan dan hotel di sekitar wilayah Banjarbaru pada Kamis (20/2/2020). Kasatpol PP Kota Banjarbaru, Marhain Rahman melalui PPNS Yanto Hidayat mengatakan pengungkapan kasus video tersebut setelah pihaknya mendatangi penginapan dan hotel di wilayah Banjarbaru.

Ada enam remaja di bawah umur yang diamankan dan salah satunya diduga kuat PSK. Mereka berinisial IR, KH, MA, NV, SC, dan MW. “Ada enam remaja yang masih dibawah umur kita amankan. Satu di antaranya diduga kuat sebagai psk online,” katanya, Jumat, (21/2/2020).

Dari pengembangan kasus, Satpol PP juga mengamankan dua remaja laki-laki yang berinsial ZI dan ZA. Diduga, ZI dan ZA sebagai penyedia jasa prostitusi online dari satu remaja putri yang telah diamankan.

Para remaja di bawah umur yang diduga terlibat dalam video TikTok kemudian ditempatkan di Rumah Singgah Berkarakter Kota Banjarbaru di Dinas Sosial Banjarbaru untuk didata dan dilakukan pembinaan. Sementara itu, Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Donny Eryastha mengungkapkan, tim moderasi Tiktok telah menghapus konten yang tidak pantas serta akun yang telah menyalahi Terms of Service dan Panduan Komunitas.

TikTok berkomitmen untuk melindungi keamanan pengguna di komunitas kami. Kami juga mendorong pengguna untuk melaporkan konten atau penggunaan yang tidak pantas melalui pilihan laporan di dalam aplikasi agar membantu kami menjaga lingkungan aplikasi yang pantas dan positif,” ujarnya, Sabtu (22/2/2020).

Dia juga menyebut akan terus berkomitmen menjadikan Tiktok sebagai tempat yang aman untuk berkreativitas. “TikTok adalah tempat yang aman bagi semua pengguna. Bagi kami, menciptakan lingkungan aplikasi yang aman dan positif merupakan prioritas utama kami,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *