Satelit Rancangan Remaja Dilirik NASA

Satelit Rancangan Remaja Dilirik NASA

Channel24indo – Kompetisi dengan tema “Cubes in Space” yang didukung oleh NASA akhirnya berhasil dimenangkan oleh remaja yang berasal dari India. Remaja umur 18 tahun yang bernama Rifath Shaarook merancang satelitnya dengan nama “KalamSat”. Satelit rancangan remaja dilirik NASA dan satelit tersebut dirancang oleh Rifath dari nol.

Dikutip dari BBC pada Kamis (18/5/2017) Rafith mengungkapkan, “Sepenuhnya rancangan ini dimulai dari nol. Satelit kecil ini memiliki komputer on-board baru dan sensor built-in yang berjumlah delapan buah akan digunakan untuk mengukur kecepatan, rotasi dan magnetosfer bumi.”

Berat KalamSat hanya sebesar 64 gram atau sekitar 0.14lb. Misi mereka akan dijalankan oleh NASA Wallops Flight Facility pada 21 Juni mendatang. Percobaan ini akan dilakukan selama empat jam dan akan diluncurkan di Virginia dan posisi satelit ini sudah diletak sesuai dengan berat mikro. Tujuannya adalah menguji daya tahan casing satelit ini yang sangat ringan dan hingga dicetak 3D.

Pesawat yang berbahan polimer akan meluncur ke penerbangan sub-orbital, yaitu pesawat akan melakukan perjalanan pulang pergi selama durasi waktu empat jam. Satelit rancangan Rifath akan online diluar angkasa selama 12 menit di gravitasi mikro. Baru ini NASA memberitakan bahwa mereka tidak selalu mengambil ide dari para ilmuwan dan insinyurnya. NASA sangat terbuka dan tidak peduli dengan asal usul siapa pun. Jadi NASA menganggap siapa pun yang berkompeten dalam bidang sains maka orang tersebut pasti akan menjadi bagian dalam lembaga milik Amerika Serikat.

Baca juga : Samsung Note 8 Meluncurkan Smartphone Dual-Camera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *