Sandiaga Setuju Debat Tanpa Kisi-kisi: Bisa Bicara dari Hati

Sandiaga Setuju Debat Tanpa Kisi-kisi: Bisa Bicara dari Hati

Channel24indo – Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno mengaku setuju keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang tidak akan memberikan kisi-kisi di Debat Pilpres 2019 kedua. Menurutnya debat tanpa bocoran akan lebih menarik.

“Saya sangat setuju. Itu akan membuat satu pembahasan lebih menarik dari segi pendalaman masing-masing topik,” kata Sandi di sela-sela kunjungannya di Kenjeran, Surabaya, Sabtu (19/1/2019) malam.

Sandi menambahkan, selain lebih menarik dan mendalam, masing-masing kandidat nantinya akan berbicara dari pikiran dan hatinya. Hal itu terjadi karena kandidat tidak lagi dibatasi dengan kisi-kisi.

“Karena nanti masing-masing kandidat akan bicara apa yang di pikiran dan di hati mereka secara terbuka dan lebih mendalam tidak dibatasi oleh kisi-kisi,” imbuhnya.

Meski begitu, manta Wagub DKI itu tidak setuju jika debat harus berlangsung dengan tensi yang tinggi. Karena sejatinya debat merupakan saling memahami apa yang dipaparkan masing-masing paslon yang ditawarkan.

“Sebetulnya tidak dibuat panas. Tapi debat itu dibuat saling memahami. Kita syukuri Alhamdulillah debat (perdana) berlangsung dengan lancar,” ujar suami dari Nur Asia itu.

“Untuk perbaikan ke depan salah satunya adalah kita buat jauh lebih sederhana. Debat itu tidak perlu mengundang banyak orang dan dibuat sesederhana mungkin, senyaman mungkin dan difokuskan untuk ratusan juta yang di rumah bukan ada yang di studio atau ada di di ruangan itu,” terangnya.

Sebelumnya, KPU memutuskan tidak akan memberikan kisi-kisi untuk pasangan calon untuk Debat Pilpres 2019. Tanpa ada kisi-kisi, debat pilpres dianggap akan lebih gereget lagi.

“Salah satu evaluasi, kita rekomendasikan untuk debat berikutnya, abstraksi soal yang dibuat panelis tidak diberitahukan kepada paslon,” ujar komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *