Ratu Elizabeth Kirim Pesan ke Jokowi, Berduka untuk Tsunami Selat Sunda

Ratu Elizabeth Kirim Pesan ke Jokowi, Berduka untuk Tsunami Selat Sunda

Channel24indo – Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris turut menyampaikan belasungkawa atas tsunami yang terjadi di Selat Sunda. Ratu Elizabeth menyampaikan belasungkawa tersebut melalui Presiden Joko Widodo.

Dilansir dari situs resmi Kerajaan Inggris royal.uk, Selasa (25/12/2018), dijelaskan bahwa Ratu dan Pangeran Philip merasa sangat sedih atas apa yang terjadi.

“Pangeran Philip dan saya sangat sedih mengetahui hilangnya nyawa usai musibah tsunami dahsyat di Indonesia,” kata Ratu Elizabeth seperti dituliskan website Kerajaan.

“Kami menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada semua yang kehilangan orang dicintai, serta kepada mereka yang rumah dan mata pencahariannya ikut terdampak,” jelasnya.

Selain itu Ratu Elizabeth juga menyampaikan penghargaannya kepada tim pencari dan penyelamat. Serta semua relawan yang ikut terjun ke lokasi.

Sebelumnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump juga menyampaikan dukacita yang sama. Dia mendoakan agar para korban selamat dapat segera diberikan kesembuhan.

Selain Trump, PM India Narendra Modi juga menguncapkan belasungkawa atas tsunami tersebut. Dia mengatakan India siap membantu proses pembangunan pascabencana.

Tsunami yang terjadi di Selat Sunda dan menerjang wilayah Banten serta Lampung menjadi sorotan media Internasional. Jumlah korban menjadi topik yang kebanyakan diangkat media-media internasional.

Reuters misalnya, membuat berita berjudul ‘Indonesia searches for survivors after volcano triggers tsunami, kills 281′, pada Senin (24/12/2018).

Dalam artikel berita ini, Reuters menjelaskan tsunami yang terjadi di Selat Sunda menimbulkan korban jiwa yang terus bertambah. Media yang bermarkas di Inggris ini juga menjelaskan dalam beritanya, berdasarkan keterangan BMKG, tsunami ini disebabkan longsoran yang merupakan efek dari erupsi Gunung Anak Krakatau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *