Presiden Teken Perppu Pembubaran Ormas

Presiden Teken Perppu Pembubaran Ormas

Channel24indo – Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj mengatakan Presiden RI Joko Widodo juga akan mengumumkan penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) pembubaran organisasi kemasyarakatan (ormas) besok.

Hal itu diutarakan Said usai berjumpa dengan presiden di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (11/7).

” Perppu telah di tandatangani Presiden. Besok juga akan dibacakan, ” tutur Said pada wartawan di istana.

Dalam kunjungannya itu, Said Aqil di terima Jokowi selama 30 menit di istana.

Mengenai perihal ormas yang juga akan dibubarkan lewat Perppu itu, Said tidak mengetahuinya. Walau demikian, selama ini pemerintah sempat dengan lugas menyebutkan akan membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

Sampai kini pendirian ormas diatur dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 mengenai Organisasi Kemasyarakatan. Kehadiran UU itu dinilai akan menyulitkan pembubaran HTI.

Proses panjang mesti ditempuh pemerintah untuk mengukuhkan pembubaran itu jika merujuk UU Ormas seperti mengusulkan ke pengadilan. Diperlukan waktu lama sampai mencapai putusan inkrah.

Hal tersebut ditata dalam Pasal 70 UU Ormas. Pasal itu mengatakan, permintaan pembubaran ormas berbadan hukum diserahkan ke pengadilan negeri oleh kejaksaan hanya atas keinginan tertulis dari menteri yang mengadakan urusan pemerintahan di bagian hukum serta hak asasi manusia.

Mengenai Perppu yang diterbitkan diklaim akan mempercepat sistem pembubaran suatu ormas.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menyebutkan, ketentuan baru juga akan memudahkan sistem pembubaran organisasi yang dipandang bertentangan dengan ideologi negara. Ormas yang akan berdiri juga diharuskan menerima ideologi Pancasila, bentuk negara kesatuan RI, Pancasila, serta Bhinneka Tunggal Ika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *