Prediksi Indonesia Vs Thailand, 10 September 2019

Simon McMenemy Pelatih Timnas Garuda, kerap diam ketika disinggung mengenai strategi maupun taktik yang akan diterapkan timnya, termasuk saat menghadapi Thailand pada partai kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2019).

“Saya tak akan bicara formasi dan strategi. Tak adil buat pemain kalau strategi dibocorkan,” tutur McMenemy.

“Apakah kami akan bermain dengan 4-2-3-1 lagi? Kenapa Anda masih tanya strategi lagi?” kata McMenemy menegaskan.

Sukar untuk ditebak apakah McMenemy akan merombak susunan pemainnya setelah kalah 2-3 dari Malaysia pada partai pertama Grup G, 5 September lalu. Timnas Indonesia begitu perkasa pada babak pertama, namun melempem pada paruh kedua.

Saat melawan Malaysia, pelatih berusia 41 tahun itu menerapkan formasi 4-2-3-1. Untuk menghadapi Thailand, pakem tersebut diyakini tak akan berubah. Namun, ada pergantian pemain utama.

McMenemy tetap memercayakan Andritany Ardhiyasa sebagai kiper meski kebobolan tiga gol. Di depannya, kuartet Yustinus Pae, Victor Igbonefo, Yanto Basna, dan Ricky Fajrin akan mengawal lini pertahanan.

Pelatih asal Skotlandia itu mengindikasikan akan menurunkan duet Igbonefo dan Basna, alih-alih Hansamu Yama dan Manahati Lestusen seperti bersua Malaysia. Pengetahuan dan pengalaman Igbonefo dan Basna yang saat ini berkarier di Liga Thailand akan sangat berguna.

McMenemy hampir dipastikan akan kembali memasang Zulfiandi dan Evan Dimas sebagai dua gelandang tengah Timnas Indonesia.

Trio gelandang serang tak berubah dari partai sebelumnya. Saddil Ramdani bakal menyerang dari pos sayap kanan, Andik Vermansah dari kiri, dan Stefano Lilipaly bertugas sebagai pengalih perhatian plus sumber alternatif mencetak gol.

Adapun, Alberto Goncalves yang menorehkan dua gol ke gawang Malaysia, akan menjadi ujung tombak Timnas Indonesia.

Thailand Mengalami Perubahan

Serupa dengan Timnas Indonesia, Thailand diprediksi akan melakukan perubahan pemain utama setelah ditahan imbang 0-0 oleh Vietnam pada partai pertama Grup G, 5 September lalu.

Pelatih Thailand, Akira Nishino merotasi pos penjaga gawang setelah memastikan akan memainkan Kawin Thamsatchanan dibanding Siwarak Tedsungnoen. Arsitek asal Jepang itu diperkirakan tak merombak susunan pemain belakang.

Di lini tengah, Supachok Sarachart akan kembali memainkan peran aslinya sebagai gelandang serang, setelah dipaksa bermain menjadi false nine ketika melawan Vietnam. Pemain berusia 21 tahun ini akan menjadi nyawa permainan Thailand bersama Chanathip Songkrasin.

Sebagai ganti Supachok di lini depan, Nishino bakal mengandalkan Supachai Jaided sebagai penyerang tunggal. Pemain Buriram United ini merupakan satu-satunya striker yang dimiliki Thailand dan malah menjadi cadangan ketika melawan Vietnam.

Prakiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Andritany Ardhiyasa (Kiper); Yustinus Pae, Victor Igbonefo, Yanto Basna, Ricky Fajrin (Belakang); Zulfiandi, Evan Dimas; Saddil Ramdani, Stefano Lilipaly, Andik Vermansah (Tengah); Alberto Goncalves (Depan)
Pelatih: Simon McMenemy

Thailand (4-5-1): Kawin Thamsatchanan (Kiper); Tristan Do, Pansa Hemvibon, Manuel Bihr, Theeratorn Boonmatan (Belakang); Tanaboon Kesarat, Sarach Yooyen, Phitiwat Sukjitthammakul, Supachok Sarachart, Chanathip Songkrasin (Tengah); Supachai Jaided (Depan)
Pelatih: Akira Nishino

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *