Prancis Juara Piala Dunia 2018

Prancis Juara Piala Dunia 2018

 

Channel24indo – Timnas Prancis sukses jadi juara Piala Dunia 2018 sesudah mencetak kemenangan 4-2 atas Kroasia pada pertandingan final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7/2018).

Meskipun sudah sempat tertekan oleh permainan Kroasia, Prancis dapat menunjukkan kelas dan jadi juara dunia untuk yang kedua kalinya dalam sejarah.

Timnas Prancis membuka keunggulan di menit ke-18 lewat tendangan bebas Antoine Griezmann yang kemudian meluncur deras ke gawang sesudah mengenai kepala Mario Mandzukic yang berupaya menyingkirkan datangnya bola. Gol ini juga diklaim oleh FIFA menjadi gol bunuh diri Mandzukic.

Kroasia tidak butuh waktu yang lama untuk bisa membuat posisi jadi imbang. Ivan Perisic sukses membuat posisi jadi imbang 1-1 lewat gol yang dicetaknya di menit ke-29.

Bermula dari ketegangan di kotak penalti Prancis, Perisic mendapat sodoran bola dari Domagoj Vida dan secara langsung melepas tembakan keras dengan kaki kiri yang tidak dapat dihalau Hugo Lloris.

Tetapi, timnas Prancis kembali unggul di menit ke-37 lewat eksekusi penalti Griezmann.

Handball yang dilakukan Ivan Perisic didalam kotak penalti disaksikan lagi oleh wasit lewat Video Assistant Referee (VAR) yang kemudian mengambil keputusan memberi penalti pada Les Bleus.

Babak Kedua

Ketinggalan 1-2 di babak pertama bikin Kroasia selalu berupaya meningkatkan serangannya di babak kedua. Permainan cepat selalu dipertunjukkan oleh Luka Modric dkk. untuk dapat menguber ketertinggalan.

Tetapi, malah Prancis yang sukses memperbesar keunggulan di menit ke-59 lewat gol yang diciptakan Paul Pogba. Gelandang bertahan Les Bleus itu menerima umpan sodoran dari Antoine Griezmann serta mencoba melepas tembakan dari luar kotak penalti.

Bola tembakan kaki kanannya sudah sempat mengenai pemain bertahan Kroasia dan bola rebound disambarnya kembali dengan tembakan kaki kiri yang tidak dapat dihalau oleh penjaga gawang Kroasia, Danijel Subasic.

Kroasia seolah kehilangan semangat untuk bisa menantang Prancis. Hal itu tampak dari begitu cepatnya Les Bleus memperbesar kembali keunggulan jadi 4-1 di menit ke-65 lewat gol yang diciptakan Kylian Mbappe.

Pemain termuda di Piala Dunia 2018 itu cetak gol sesudah menerima umpan dari Lucas Hernandez. Mbappe terlihat dengan tenang melepas tembakan mendatar yang meluncur ke pojok kanan bawah gawang Kroasia.

Kroasia sukses mengecilkan ketertinggalan jadi 2-4 di menit ke-69 melalui gol yang diciptakan Mario Mandzukic.

Gol dari Kroasia terbentuk karena blunder yang dilakukan penjaga gawang Prancis, Hugo Lloris, yang punya maksud mengecoh Mandzukic didalam kotak penalti. Sayang, bola mengenai kaki Mandzukic serta masuk ke gawang Timnas Prancis.

Desakan juga kembali diperlihatkan oleh Kroasia untuk dapat kembali mengecilkan ketertinggalan. Tetapi, sampai pertandingan selesai tidak ada satu juga gol tambahan yang terbentuk. Les Bleus pun sah menjadi juara Piala Dunia 2018.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *