Pertandingan Derby , MU 0-2 M.City 25 April 2019

Manchester City berhasil menumbangkan Manchester United di laga derbi Manchester yang berlangsung di Old Trafford, pada Kamis (25/4/2019). Gol Bernardo Silva (‘54) dan Leroy Sane (’66) yang tercipta di babak kedua, memastikan 3 poin untuk The Citizens di kandang rival abadi mereka.

Hasil ini pun membuat Manchester City berhasil menggeser Liverpool di puncak klasemen Liga Inggris dengan perbedaan satu angka. Sementara bagi The Red Devils, tumbang di laga derbi membuat kans mereka lolos ke Liga Champions musim depan kian tipis.

Manchester City mengambil inisiatif untuk menguasai permainan sejak awal laga, namun justru Manchester City yang mendapat peluang pertama melalui Jesse Lingard, di menit 16. Pemain bernomor punggung 17 itu melakukan tendangan dari dalam kotak penalti usai menerima umpan Paul Pogba. Upayanya itu masih gagal menemui saasaran.

The Citizens membalas melalui Bernardo Silva 2 menit berselang. Pemain depan asal Portugal itu menembak ke pojok kanan gawang David De Gea, yang masih mampu ditepis oleh penjaga gawang The Red Devils tersebut. Kedua tim terus berupaya untuk mencetak gol pembuka, tetapi selalu digagalkan oleh lini belakang masing-masing, sehingga babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Di babak kedua Manchester City langsung menekan pertahanan tuan rumah. Hasilnya menit 56, Bernardo Silva, berhasil membawa tim tamu unggul. Pemain serba bisa milik The Citizens itu melakukan tendangan ke pojok kiri bawah gawang yang tidak mampu diantisipasi De Gea, 0-1 tim tamu unggul.

Sergio Aguero, hampir menggandakan keunggulan 2 menit berselang namun tendangan voli yang ia lepaskan justru menghantam tiang gawang. 

Anak asuh Pep Guardiola akhirnya berhasil menggandakan keunggulan di menit 66 melalui pemain pengganti, Leroy Sane.

Masuk di babak kedua menggantikan Fernandinho, Sane berhasil mencetak gol dengan tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti. Kendati sempat ditepis oleh De Gea, namun bola tetap meluncur ke dalam gawang, sehingga skor berubah menjadi 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Solskjaer mencoba bereaksi dengan memasukkan Romelu Lukaku di menit 72, untuk menggantikan Andreas Pereira. 3 menit berada di lapangan, penyerang timnas Belgia itu berhasil mendapat peluang pertama melalui aksi individunya, namun penyelesaian akhir yang ia lakukan masih mampu dihadapi oleh Ederson.

Di sisa waktu, Paul Pogba dan rekan-rekan terus berupaya mengejar ketertinggalan, namun laga usai tidak ada gol yang berhasil mereka ciptakan. Pertandingan pun berakhir dengan skor 0-2 untuk keunggulan tim tamu.

Berdasarkan statistik Manchester City menguasai jalannya pertandingan dengan mencatat penguasaan bola hingga 64%, berbanding 36% untuk tuan rumah. 

Dalam hal menciptakan peluang, Sergio Aguero dan kolega menciptakan 8 kali percobaan tendangan dengan 5 di antaranya berhasil menemui sasaran. Sementara tuan rumah berhasil membuat lebih banyak, yakni 12 kali percobaan tendangan, kendati hanya 1 yang berhasil menemui sasaran.

Pencetak Gol : Bernardo Silva ’54, Leroy Sane ‘66 (Manchester City).

Manchester United (5-3-2): David De Gea; Ashley Young, Matteo Darmian (Alexis Sanchez 83), Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Andreas Pereira (Romelu Lukaku 72), Fred, Paul Pogba; Marcus Rashford, Jesse Lingard (Anthony Martial 83).

Manchester City (4-3-3): Ederson Moraes; Kyle Walker, Vincent Kompany, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Ilkay Gundogan, Fernandinho (Leroy Sane 51), David Silva; Bernardo Silva, Sergio Aguero, Raheem Sterling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *