Menyedihkan, Bocah Yatim Piatu Derita 4 Jenis Kanker Sekaligus

Nasib malang menimpa seorang bocah berusia 9 tahun asal Banyuwangi. Bocah yatim piatu bernama Muhammad Riqi itu didiagnosis mengidap kanker dan tumor. Wajah Riqi membengkak saat tumor dan kanker mulai menggerogoti tubuhnya.

Riqi yang harusnya sudah duduk di bangku kelas IV SD itu hampir tak pernah mengenyam pendidikan karena kondisinya yang tak memungkinkan untuk bersekolah. Meski demikian, Riqi tampak selalu ceria menjalani hari-harinya.

Hari Jumat (22/11/19), tingkah laku Muhammad Riqi bocah (9) asal Banyuwangi sekilas seperti anak-anak lainnya yang lincah dan ceria. Meski begitu, secara fisik, bocah yatim piatu itu diketahui mengidap tumor dan kanker di sekitar wajahnya.

Bocah asal Dusun Srampong, Desa Segobang, Kecamatan Licin, itu telah ditinggalkan kedua orangtuanya untuk selama-lamanya. Ayah Riqi diketahui meninggal dunia saat Riqi masih dalam kandungan. Sementara sang ibu, Nurhayati meninggal dunia saat Riqi masih balita.

Setelah sang ibu meninggal, Riqi diasuh oleh Mbah Yuhani yang kini juga telah meninggal. Kini Riqi dirawat oleh anak Mbah Yuhani, Bu Sumiyah.

Siti Layinah (35), Kepala Dusun Srampong tempat Riqi tinggal kini mendampingi Riqi untuk berobat di Surabaya. Siti mengungkapkan bahwa tanda-tanda kelainan Riqi ini muncul sejak Riqi masih kecil. Namun karena terhalang biaya, Riqi tak pernah dibawa ke dokter.

Penyakit tumor dan kanker yang menggerogoti tubuh mungilnya itu tak menghalangi Riqi untuk beraktivitas seperti anak seumurannya. Ia tetap ceria dan aktif menjalani kesehariannya.

Riqi yang seharusnya sudah duduk di bangku kelas IV SD ini terpaksa tak bisa mengenyam pendidikan. Riqi sebelumnya pernah disekolahkan di PAUD namun hanya bertahan beberapa hari karena Mbah Yuhani tak mau Riqi bersekolah.

Atas larangan Mbah Yuhani, akhirnya Riqi tak melanjutkan sekolahnya. Alasan Mbah Yuhani melarang Riqi bersekolah karena ia kerap diejek oleh teman-temannya.

Kini Riqi sedang menjalani pengobatan di Rumah Sakit dr Soetomo, Surabaya. Beruntung Riqi mendapat bantuan penuh dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Ditambah lagi banyak bantuan dari masyarakat yang berharap Riqi bisa sembuh dan tumbuh seperti anak-anak seumurannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *