Mahfud Md Temui Pimpinan KPK

Mahfud Md Temui Pimpinan KPK

Channel24indo – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud Md melakukan diskusi dengan pimpinan KPK. Dia menyatakan diskusi itu membahas soal korupsi mulai dari korupsi sektor swasta hingga dagang pengaruh.

“Itu kita diskusikan. Bagaimana mewadahi secara hukum korupsi swasta itu. Kan banyak itu, banyak sekali,” kata Mahfud usai bertemu pimpinan KPK di Gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (27/2/2019).

Dia pun memberi contoh korupsi di sektor swasta. Misalnya, kata Mahfud, korupsi di sektor swasta terjadi saat ada pabrik obat yang memberi fasilitas kepada dokter agar selalu menggunakan obat-obatan dari pabrik itu pada pasiennya.

“Misalnya pabrik obat memfasilitasi dokter tertentu agar setiap ada pasien obatnya itu. Itu kan melanggar undang-undang persaingan usaha, tapi kan swasta yang beli. Itu kan apakah bisa apa tidak. Kita diskusi hal seperti itu,” jelasnya.

“Misalnya, ada orang membayar toko-toko ritel agar kalau nampung beras harus dari daerah ini, misalnya. Itu kan merugikan rakyat. Yang begitu-begitu itu kita diskusikan bagaimana ke depannya agar masuk korupsi sektor swasta,” sambung Mahfud.

Berikutnya, Mahfud menyatakan dirinya juga membahas soal dagang pengaruh. Menurutnya, permasalahan korupsi selalu berkembang hingga harus dibahas langkah-langkah pemberantasan di masa depan.

“Terutama soal pemberantasan korupsi di masa depan. Karena kan ada perkembangan-perkembangan baru,” tuturnya.

Mahfud memang kerap datang ke KPK. Misalnya, pada 13 September 2018. Saat itu kedatangan Mahfud untuk membahas anticorruption summit, yang merupakan acara KPK.

Kemudian, Mahfud juga pernah datang ke KPK pada 8 November 2018. Kala itu, Mahfud menyatakan dirinya datang untuk berdiskusi soal korupsi dengan pimpinan KPK.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *