Longsor Lintas Tengah Sumatera Putus Total

Longsor Lintas Tengah Sumatera Putus Total

Longsor Lintas Tengah Sumatera Putus Total

Channel24indo – Jalan Lintas Tengah Sumatera yang menghubungkan Bukittinggi, Sumatera Barat menuju Mandailing Natal, Sumatera Utara, terputus total.

Putusnya jalur lintas tengah Sumatera itu dipicu longsor yang terjadi di Jorong Sipisang, Nagari Nan Tujuah, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam. Dua kendaraan terjebak dan tertimbun material longsor, namun sopir kendaraan berhasil menyelamatkan diri.

“Malam ini jalan tak bisa dilalui, karena material longsor menutupi jalan,” kata Camat Palupuah Hasrizal Minggu (11/11/2018) malam.

Menurut Hasrizal, longsoran terjadi 25 Meter dengan ketinggian antara 4 hingga 5 meter kubik.

Kepala BPBD Agam, Muhammad Lutfi mengatakan, longsor terjadi sekitar pukul 19.00 WIB malam. “Curah hujan tinggi, sehingga menyebabkan tebing longsor. Kayu-kayu bertumbangan,” jelas Lutfi bersama staf Pusdal Ops BPBD Agam, Lukman Syahputra kepada wartawan.

Di Kabupaten Pasaman, salah seorang warga bernama Johan (41) dilaporkan hanyut di aliran Batang Sumpu, Sungai Pandahan, Lubuk Sikaping. Hingga Jumat pagi, korban belum ditemukan. Hingga kini, Tim SAR gabungan masih melakukan pencarian.

Selain banjir, sejumlah daerah di Sumbar dilanda tanah longsor. Antara lain di Kabupaten Agam, Sijunjung, dan Pariaman.

Di Pariaman, tanah longsor menimbun satu rumah di Desa Sintuk, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman. Longsor terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, Jumat (9/11/2018). Tiga orang menjadi korban, yakni Syahrial (67) bersama dua anaknya, Sriwardani (15) dan Sawitri (23).

Saat ini petugas BPBD bersama Dinas PU setempat sedang berupaya membuang material longsor dari badan jalan dengan mengirim alat berat ke lokasi.

Penanganan terkendala karena kurangnya penerangan di sekitar lokasi. Belum bisa diperkirakan kapan jalan ini bisa dilalui.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *