Jokowi : Saya Netral Dalam Pilkada

Channel24indo – Presiden Joko Widodo menyatakan netralitas dirinya dalam gelaran pilkada serentak yang bakal berlangsung Rabu 15 Februari.

Penegasan itu diungkapkan waktu menerima beberapa pengurus organisasi Islam, Muhammadiyah, di Istana Merdeka, Senin (13/02), seperti diungkapkan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, waktu pertemuan.

” Prinsipnya Bapak Presiden sebagai kepala pemerintahan itu menyatakan kembali mengenai posisinya yang tetap netral serta objektif dalam pilkada dimana saja sehingga tidak akan memihak calon mana juga, ” ucap Haedar pada beberapa wartawan, Senin (13/02).

Baca Juga : SBY Unggah Topik Soal Pilkada di Facebook

Sejumlah 101 daerah di Indonesia bakal mengadakan pemihan kepala daerah secara serentak, untuk menentukan gubernur, bupati, ataupun wali kota, termasuk juga DKI Jakarta. Ditambahkan oleh Haedar kalau status hukum Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, juga tidak luput dari perbincangan dan Presiden Joko Widodo bakal meminta pandangan dari Mahkamah Agung (MA) untuk mencari jalan keluar atas perbedaan dalam masalah tersebut .

” Ini kan banyak tafsir. Bahkan juga, Pak Presiden sendiri benar-benar memahami, menyadari banyak tafsir itu. Beliau meminta Mendagri untuk minta pandangan resmi dari MA, ” tutur Haedar.

Bulan November lalu, setelah Basuki Tjahaya Purnama dinyatakan sebagai tersangka, PP Muhammadiyah mengeluarkan pernyataan yakin sepenuhnya kalau penetapan itu berdasar pada prinsip hukum yang adil serta objektif.

Ahok dinyatakan tersangka dalam dugaan penistaan agama berkaitan dengan pidatonya di Kepulauan Seribu yang mengutip surat Al Maidah ayat 51 serta sampai sekarang ini masih tetap dalam sistem persidangan.

Kehadiran beberapa pengurus Muhammadiyah ke Istana Merdeka, punya maksud mengundang Presiden Jokowi untuk buka Sidang Tanwir Muhammadiyah se-Indonesia yang bakal diadakan di Ambon, 24-26 Februari 2017.

” Alhamdulillah, insya Allah Bapak Presiden bakal hadir serta menyampaikan pidatonya, ” terang Haedar

Baca Juga : Pertemuan Jokowi dan Antasari, Apa Yang di Bahas ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *