Jokowi: Kepada Umat Kristiani, Semoga Natal Membawa Damai

Jokowi: Kepada Umat Kristiani, Semoga Natal Membawa Damai

Channel24indo – Presiden Joko Widodo menyampaikan harapannya di hari Natal 2018. Jokowi berharap Natal kali ini bisa mendamaikan hati semua orang.

Ucapan tersebut disampaikan Jokowi di akun Instagram resminya, @jokowi, seperti dilihat wartawan, Selasa (25/12/2018). Jokowi awalnya berbicara soal Indonesia yang merupakan bangsa besar.

“Indonesia ini sebuah bangsa besar, serupa anyaman dari lebih 17.000 pulau yang terentang di sepanjang garis khatulistiwa, penduduknya berbicara dalam lebih 1.000 bahasa daerah, dan memeluk berbagai agama semenjak dahulu hingga hari ini,” kata Jokowi.

Menurut Jokowi, perbedaan di Indonesia merupakan anugerah tersendiri. Dia yakin Indonesia akan maju. “Perbedaan itu adalah kekayaan yang mempersatukan kita, menguatkan langkah kita menuju Indonesia yang maju,” sebut Jokowi.

Akhir kata, Jokowi menyampaikan harapannya kepada umat Kristiani terkait perayaan Natal 2018. Dia berharap Natal bisa mendamaikan hati semua orang.

“Kepada segenap umat Kristiani di mana pun berada, semoga perayaan Natal tahun ini membawa damai di hati kita semua,” tutur Jokowi.

Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo kemudian berbicara mengenai pesan Natal dan kaitannya dengan aktivitas di tahun 2019. Ia berharap segala aktivitas di 2019 berlandaskan Pancasila yang dirumuskan dalam semboyan ‘kita berkhidmat, bangsa bermartabat’.

“Semoga tema Natal tahun 2018 menjadi bahan renungan untuk memasuki tahun 2019. Memberi Cakrawala iman kepada hikmat kebijaksanaan yang terdapat di dalam sila keempat Pancasila. Semoga dengan inspirasi Yesus Kristus dan hikmat alam, kita, keluarga, dan komunitas menjadi pribadi dan keluarga makin berkhidmat sambil berpegangan pada semboyan: kita berhikmat bangsa bermartabat,” tutup Suharyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *