JK Ingatkan Pentingnya Teknologi untuk Capai Kemajuan Bangsa

JK Ingatkan Pentingnya Teknologi untuk Capai Kemajuan Bangsa

Channel24indo – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri peringatan hari ulang tahun (HUT) Yayasan Tenaga Kerja Indonesia (YTKI) ke-50. JK mengingatkan pentingnya teknologi untuk meningkatkan kemajuan bangsa.

“Apapun negaranya selalu yang sangat penting tingkat kemampuan, tingkat skill daripada bangsa itu untuk mengembangkan baik industri, ekonomi dan juga tentu teknologi dari bangsa itu. Tanpa penguasaan itu tak mungkinlah suatu negara mencapai kemajuan yang baik,” kata JK di Kementerian Tenaga Kerja, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (26/2/2019).

JK berpesan agar YTKI dapat lebih berperan dalam meningkatkan kualitas pekerja di Indonesia. Menurutnya, peningkatan kemampuan teknologi penting untuk bersaing di era industri 4.0.

“Jangan hanya gedung ini menjadi tempat upacara tapi penting untuk tempat pelatihan yang sangat mutlak dibutuhkan,” ucapnya.

Dia berpesan agar industri tidak hanya berfikir mencari banyak pekerja. Tapi, pekerja harus dibekali dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Kita masih berbicara tentang bagaimana kita mempekerjakan buruh sebanyak-banyaknya. Pada masa datang ini tentu semua akan berubah. Industri menjadi efisien kemudian tentu hanya dapat dilaksanakan dengan tenaga kerja yang punya skill, pengetahuan dan penguasaan teknologi,” papar JK.

JK berharap YTKI dapat berperan lebih banyak dalam membantu meningkatkan kemampuan para pekerja. Dia ingin nantinya YTKI dapat membuat institut khusus bagi para pekerja.

“(YTKI) menjadi tempat yang mungkin pada akhirnya menjadi institut, jadi bukan hanya yayasan. Membawa institut manajemen institut tenaga kerja sehingga terlatih baik dan punya apabila dikelola secara baik secara ekonomis dapat berkembang baik,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *