Jembatan Darurat Padang-Bukittinggi Diuji Coba Sabtu Lusa

Jembatan Darurat Padang-Bukittinggi Diuji Coba Sabtu Lusa

Channel24indo – Rangkaian jembatan darurat pengganti jembatan yang ambruk di jalan lintas Padang-Bukittinggi sudah tersambung dan dipasang. Diharapkan, jembatan itu bisa diuji coba Satbu (15/12).

“Ini hari Kamis. Jumat, Sabtu sudah bisa dipakai, ya saya minta. Sabtu dipakai satu jalur,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, saat meninjau lokasi, Kamis (13/12/2018) siang.

Menurut Basuki, pihaknya akan membangun dua jembatan darurat. “Kita buat double bailey. Ini kan sebetulnya jalur utamanya. Kami mau buat yang permanen. Permanennya nanti di sini. Kalau bailey bisa dipakai, ini dibongkar, dan dilanjutkan bangun yang baru,” katanya.

Ia memerintahkan petugas untuk bekerja siang malam, agar proses selesai dalam minggu ini.

“Minggu depan bailey selesai, ini dibongkar. Baru lanjut kerja yang permanen,” Basuki menambahkan.

Pengerjaan jembatan permanen diperkirakan bisa dilakukan dengan cepat, tanpa melalui proses tender.

“Tak perlu tender? Saya tunjuk langsung. Ini sama aja kayak bencana kan. Berapa ratus mobil dia antre dan berapa kerugiannya. Tak perlu tender. Hanya kecil saja ini. Biaya? paling banyak 15 Miliar,” katanya lagi.

Jembatan penghubung Jalan Lintas Padang-Bukittinggi itu sendiri ambruk akibat dihantam air bah Senin (10/12/2018) lalu. Akibat kejadian, jalur terputus total. Para pengendara yang hendak melintas dialihkan ke arah Malalak Kabupaten Agam dan arah Solok, dengan waktu tempuh yang jauh lebih lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *