Hasil Pertandingan, Indonesia 2-3 Malaysia, 5 September 2019

Timnas Indonesia kalah 2-3 dari Malaysia di laga pertama Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9/2019).

Pertandingan berlangsung dengan tempo sedang saja. Indonesia sempat mendominasi di awal pertandingan namun Malaysia tak tinggal diam dan berani melakukan pressing dan akhirnya mampu sering menekan balik.

Gol-gol dari Timnas Indonesia dicetak oleh Alberto Goncalves (brace). Sementara gol Malaysia dihasilkan Mohamadou Sumareh (brace) dan Syafiq Ahmad.

Babak Pertama

Indonesia berusaha untuk langsung menekan Malaysia setelah wasit Ko Hyungjin dari Korea Selatan meniup peluit. Namun sang lawan masih mampu bermain dengan tenang dan berusaha untuk menekan balik.

Namun Indonesia mendapat peluang apik pada menit ketiga. Lilipaly lolos dari jebakan offside di sayap kanan dan menyusur masuk ke kotak penalti Malaysia. Sayangnya karena terlalu lama menguasai bola, plus umpan yang terlalu lemah, bola umpan untuk Beto berhasil diintersep kiper lawan.

Pertandingan kemudian sedikit didominasi oleh skuat Merah Putih. Serangan awalnya berusaha dilancarkan melalui sayap kiri yang ditempati Andik. Namun winger Madura United itu mendapat pengawalan ketat dari pemain lawan.

Indonesia akhirnya mengubah serangan melalui sayap kanan. Usaha ini langsung membuahkan hasil. Pada menit ke-11, Saddil mendeteksi pergerakan Beto dan memberikan umpan terobosan yang ciamik. Beto tidak terjebak offiside dan kemudian dengan jeli menendang bola melewati celah di antara kedua kaki kiper Malaysia. Cakep! 1-0!

Pada menit ke-17, serangan Indonesia membuahkan peluang apik. Andik memberikan umpan dari kiri ke tiang jauh pada Beto. Namun bola masih bisa dihalau bek Malaysia.

Setelah itu permainan Malaysia mulai membaik. Mereka melakukan pressing pada para pemain merah Putih. Mereka juga berusaha untuk mematikan serangan Indonesia dengan menutup ruang gerak bagi Evan Dimas.

Pada menit ke-31, Malaysia mendapat peluang melalui free kick Rasid. Tendangan keras kaki kirinya nyaris menjebol gawang Andritany dan hanya melesat tipis ke sisi kanan gawang.

Pada menit ke-36, gawang Indonesia akhirnya kebobolan. Mohamadou Sumareh, yang baru saja masuk ke lapangan, sukses menjebol gawang Andritany. Ia lolos dari jebakan offside dan dengan mudah menaklukkan Andritany dengan sontekan kaki kanannya. 1-1. Namun Indonesia mampu merespon dengan cepat. Dua menit kemudian, Beto sukses menjebol gawang Malaysia dengan tendangan terukur dari luar kotak penalti. 2-1.

Pada menit ke-39, Malaysia nyaris membalas. Tendangan keras Syafiq Ahmad dari luar kotak penalti mengarah ke pojok kanan bawah gawang Merah Putih. Untung Andritany dengan sigap mampu menghalaunya hingga keluar lapangan.

Harimau Malaya terus berusaha menekan pertahanan Indonesia hingga laga babak pertama berakhir. Untungnya mereka masih tak bisa mencetak gol. Indonesia masih unggul 2-1 atas Malaysia.

Babak Kedua

Begitu laga babak kedua dimulai, Indonesia langsung memberikan shock therapy pada Malaysia. Lilipaly sukses mengecoh satu pemain bertahan dan kemudian melepas tendangan yang tak terlalu keras dari dalam kotak penalti. Sayangnya, meski gagal dihalau kiper lawan, bola malah melipir tipis di samping kiri gawang Harimau Malaya.

Setelah itu giliran Malaysia yang terus melakukan tekanan pada Indonesia. Mereka menghadirkan bahaya meski sesekali terjebak offside. Namun usaha mereka nyaris membuahkan hasil setelah Syafiq sukses mendapat bola terobosan dari tengah. Untung, tendangan kaki kanannya masih melenceng ke kanan gawang.

Namun Malaysia akhirnya bisa mencetak gol pada menit ke-66. Berawal dari sepak pojok, terjadi kemelut dan bola tendangan satu pemain lawan nyaris masuk jika saja tidak ditahan Lililpaly. Setelah itu bola dihalau keluar kotak penalti. Sayangnya bola diterima Rasid di sayap kanan. Ia mengirim umpan crossing lagi, dan kali ini bisa dituntaskan oleh Syafiq dengan sundulan kepalanya. 2-2.

Indonesia nyaris kebobolan lagi pada menit ke-85. Penyerang Malaysia nyaris merebut bola dari pengusaan Andritany. Untung kedua pemain terjatuh dan bola masih bisa diamankan kiper Persija Jakarta itu.

Hingga menit ke-90, skor tak berubah. Wasit lantas memberikan tambahan waktu selama delapan menit, setelah sebelumnya laga sempat terhenti akibat adanya insiden di tribun penonton.

Pada menit ke-93, Indonesia terkena serangan balik dari Malaysia. Untung tendangan Ong dari kanan masih melebar ke sisi kiri gawang Andritany. Sayangnya, gawang Merah Putih akhirnya kebobolan juga. Pada menit ke-97, Crossing datar dari sayap kanan bisa dituntaskan oleh Sumareh dengan mudah. 2-3.

Gol ini menjadi penutup pertandingan. Indonesia pun dipaksa tunduk dari Malaysia dengan skor 2-3.

Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Andritany; Yustinus Pae, Manahati Lestusen, Hansamu Yama, Ricky Fajrin; Evan Dimas, Zulfiandi; Saddil, Lilipaly, Andik; Beto Goncalves.
Cadangan: Subs: Teja Paku Alam (GK), I Made Andhika Wijaya, Yanto Basna, Ferdinand Sinaga, Victor Igbonefo, Febri Hariyadi, Ruben Sanadi, Hanif Sjahbandi, Irfan Bachdim, Irfan Jaya, Rizky Pellu, Angga Saputra.
Pelatih: Simon McMenemy

Malaysia (4-2-3-1): Farizal; M. Davies, Saad, Nor Azlin, Corbin Ong; Brendan Gan, Azam Azih; Safawi Rasid, S Ahmad, Azman; Norshahrul Idlan
Cadangan: Syahmi Safari, Shahrel Fikri Md Fauzi, Akram Mahinan, Mohamadou Sumareh, Syamer Kutty Abba, J Partiban, Irfan Zakaria, Dominic Tan, Akhyar Rashid, Nazirul Naim Che Hashim, Hafizul Hakim Khairul Nizam Jothy (GK), Ifwat Akmal Chek Kassim (GK).
Pelatih: Tan Cheng Hoe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *