Hasil Pertandingan Indonesia 0-3 Thailand, 10 September 2019

Timnas Indonesia kalah telak 0-3 dari Thailand di laga kedua Grup G putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Tempo berlangsung sengit sedang. Pertandingan berlangsung dengan cukup seru, khususnya di babak pertama. Thailand memang menguasai jalannya laga dan menghasilkan beberapa peluang, namun Indonesia juga sesekali mampu memberikan ancaman pada sang tamu.

Gol-gol dari Thailand dicetak oleh Supachok Sarachart dan Theerathon Sunmathan. Supachok menjadi bintang laga ini dengan torehan dua golnya.

Babak Pertama

Indonesia awalnya tampak memulai laga dengan sedikit berhati-hati. Thailand pun terpancing untuk memulai serangan.

Namun serangan mereka masih bisa dihalau sejak di tengah. Indonesia secara perlahan akhirnya mulai bisa menemukan ritme yang tepat. Sejumlah serangan, kebanyakan melalui Lilipaly, mulai dirancang untuk meneror pertahanan Thailand.

Namun sayang serangan-serangan Merah Putih belum mampu menghasilkan peluang berbahaya di kotak penalti Thailand. Pada menit ke-19 sebenarnya ada peluang dari Hansamu. Berawal dari sepak pojok Andik dari kiri, bola diterima bek jangkung itu di tiang jauh. Sayang bola tendangannya malah melambung.

Di sisi lain War Elephant mulai panas. Melalui kedua sisi sayapnya, mereka mulai sering mengancam pertahanan Merah Putih. Pada menit ke-25, tendangan Supachok mengarah ke gawang, namun masih bisa dimentahkan oleh Andritany.

Indonesia akhrnya mendapat peluang emas pada menit ke-34. Andik memberikan umpan terobosan ke dalam kotak penalti, yang disambut oleh Irfan. Sayang, bola tendangan penyerang Bali United itu masih bisa diblok kiper Thailand.

Pada menit ke-40, Thailand nyaris mencetak gol. Sepak pojok mereka dari kanan berhasil ditanduk salah satu pemain War Elephant. Andritany dengan sigap mampu menahan bola. Sempat terjadi kemelut, namun kiper Persija itu akhirnya bisa mengamankan si kulit bundar dalam pelukannya.

Menit ke-45+1, Thailand kembali mengancam. Tendangan bebas mereka dari sayap kanan mengarah langsung ke gawang. Untung, Andritany lagi-lagi dengan sigap mampu meninju bola keluar kotak penalti.

Akhirnya laga babak pertama berakhir tanpa gol. Indonesia 0-0 Thailand.

Babak Kedua

Indonesia memulai laga babak kedua dengan baik. Pada menit ke-51, Merah Putih mendapat peluang mencetak gol persis di ujung kotak penalti melalui free kick. Hadiah diberikan wasit setelah bek Thailand menjatuhkan Andik, yang tengah berakselerasi untuk menyambut umpan Evan Dimas.

Irfan Bachdim jadi eksekutor free kick tersebut. Sayangnya bola melambung tipis di atas mistar gawang Thailand.

Sayangnya, Indonesia akhirnya malah kebobolan pada menit ke-55. Tendangan melengkung Supachok di ujung kotak penalti gagal dibendung barisan pertahanan dan melaju ke pojok kiri bawah gawang Andritany. 0-1.

Gol ini membuat Thailand menguasai jalannya laga. Mereka dengan tenang mulai membangun serangan ke pertahanan Indonesia. Usaha mereka membuahkan hasil pada menit ke-61. Merah Putih diganjar penalti setelah Andritany dianggap melanggar Supachok di kotak terlarang. Eksekusi dilakukan dengan sempurna oleh Theeraton Bunmathan. 0-2.

Setelah kebobolan gol, Irfan Bachdim ditarik keluar. Ia digantikan Osas Saha. Hal ini membuat Indonesia bermain sedikit lebih agresif. Namun ini malah berbuah petaka.

Serangan balik Thailand pada menit ke-72 berbuah gol. Meski kalah jumlah, lini serang War Elephant mampu membuat pertahanan Indonesia kocar-kacir. Supachok akhirnya bisa mencetak gol dengan mudah dari dalam kotak penalti. 0-3.

Pada menit ke-79, Thailand kembali nyaris mencetak gol melalui serangan balik. Umpan Supachok dari kiri gagal dihalau lini pertahanan lawan. Bola liar kemudian ditendang oleh Ekanit, namun untung masih membentur pemain Indonesia yang sedang terjatuh.

Indonesia mencoba bermain lebih agresif lagi setelah memasukkan Saddil. Namun sayangnya mereka kesulitan untuk merancang serangan berbahaya ke gawang Thailand.

Pada akhirnya, sampai laga berakhir, tak ada tambahan gol tercipta. Timnas Indonesia pun kalah 0-3 dari Thailand.

Susunan Pemain

Indonesia (5-4-1): Andritany; Yustinus Pae, Yanto Basna, Hansamu Yama, Mahanati L, Ruben S; Andik Vermansah, Stefano Lilipaly, Evan Dimas, Irfan Bachdim; Alberto Goncalves.

Cadangan: Teja Paku Alam (GK), Angga Saputro (GK), I Made Andhika, Zulfiandi, Ferdinand Sinaga, Saddil Ramdani, Victor Igbonefo, Febr Hariyadi, Osas Saha, Hanif Sjahbandi, Irfan Samaling Kumi, Rizky Ahmad Sanjaya.

Pelatih: Simon McMenemy

Thailand (4-2-3-1): Siwarak T; Tristan, Manuel, Pansa H, Theerathon B; sarach Y, Phitiwat S; Ekanit P, Chanatip S, Supachok S; Supachai C.

Cadangan: Kawin Thamsatchanan (GK), Chatchai B (GK), Sasalak H, Adison P, Anon A, Bordin P, Shinnaphat L, Nitipong S, Narubadin W, Tanaboon K, Sivakorn T, Patcharapol I.

Pelatih: Akira Nishino

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *