Hasil Copa America 2019, Brazil 0-0 Venezuela

Brasil hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Venezuela pada laga kedua Grup A Copa America 2019, Rabu (19/6) pagi WIB. Hasil imbang tanpa gol ini membuat Brasil harus menunda langkah ke perempat final.

Brasil memulai perjalanan di Grup A dengan mengalakan Bolivia 2-0 pekan lalu. Sementara Venezuela memulai turnamen dengan hasil imbang tanpa gol kontra Peru.

Selecao memulai laga sebagai favorit. Pasukan Tite dipercaya bisa meraup tiga poin dengan mudah, mengingat komposisi skuad mereka yang mumpuni. Namun, Venezuela jelas tidak akan menyerah begitu saja.

Skor 0-0 tak menggambarkan jalannya pertandingan, Brasil sempat mencetak dua gol lewat aksi Gabriel Jesus dan Philippe Coutinho, tetapi keduanya dianulir wasit berkat bantuan VAR. 

Hasil Copa America 2019, Brazil 0-0 Venezuela

Babak Pertama

Brasil memulai laga dengan baik, tetapi Venezuela sudah siap mengatasi gempuran Philippe Coutinho dkk. pada awal pertandingan. Formasi 4-1-4-1 ala Venezuela tampaknya cukup ampuh meredam permainan sayap skuad Brasil.

Tak banyak peluang tercipta pada 10 menit pertama, Brasil menyadari kekurangan mereka dan mulai bangkit. Venezuela masih nyaman bermain hati-hati dan mencoba menurunkan tempo setiap kali mendapatkan bola.

Peluang besar pertama tercipta di menit ke-16, David Neres menemukan ruang kosong di kotak penalti lawan, sayang tembakannya masih melebar. Peluang besar untuk berbuah gol terbuang sia-sia.

Begitu mendapatkan celah, Brasil bermain lebih agresif. Satu menit berselang, Richarlison melepaskan tembakan apik ke sudut bawah gawang. Beruntung Farinez masih bisa menyelamatkan gawang Venezuela.

Terus ditekan tak membuat Venezuela menciut. Mereka justru membalas melalui sundulan keras Rondon, tetapi bola masih terlalu lebar. Alisson tak perlu bekerja keras.

Laga berjalan 30 menit, Brasil masih dengan ciri khas permainan mereka: umpan pendek dari kaki ke kaki guna membongkar pertahanan lawan. Namun, formasi 4-1-4-1 Venezuela terbukti kukuh dan sulit dibongkar.

Neres merupakan salah satu pemain terbaik pada pertandingan tersebut. Dia terus membuat barisan bek Venezuela kerepotan, tetapi sayangnya gol itu tak juga tiba.

Roberto Firmino sempat mengubah skor jadi 1-0 untuk Brasil di menit ke-19, tetapi gol disebut dianulir lantaran sebelumnya terjadi pelanggaran pada Villanueva. Skor tetap 0-0.

Tercatat, Brasil mendominasi 75 persen penguasaan bola pada babak pertama, tetapi hanya mencatatkan satu tembakan tepat sasaran dari enam percobaan.

Skor 0-0 mengantar para pemain ke ruang ganti

Hasil Copa America 2019, Brazil 0-0 Venezuela

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Brasil tahu mereka harus meningkatkan level permainan. Laga ini bisa mereka menangkan jika mampu menemukan celah pada pertahanan Venezuela. Biar begitu, Venezuela semakin percaya diri setelah berhasil menahan gempuran Selecao di babak pertama.

Tite mencoba mengubah lini serang Brasil, Gabriel Jesus masuk menggantikan Richarlison. Babak kedua berjalan 10 menit, Brasil masih tampak kesulitan. Pasukan Tite terus menguasai bola dan mengalirkan umpan-umpan pendek, tetapi tak ada ancaman yang berarti.

Pergantian Tite terbukti ampuh. Setelah berjuang keras membongkar pertahanan Venezuela, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya lahir di menit ke-60. Baru bermain 15 menit, Gabriel Jesus sukses menjebol gawang Venezuela lewat tembakan jarak dekat.

Sayangnya, selebrasi Jesus hanya sesaat. Wasit menganulir gol tersebut karena Firmino berada dalam posisi offside dalam proses terciptanya gol Jesus. Skor 0-0 tak berubah, Brasil kian frustrasi.

Semangat skuad Brasil merosot usai gol Jesus dianulir. Mereka masih terbentur tembok kukuh Venezuela. Coutinho mulai kehabisan cara membongkar pertahanan lawan, Tite harus menyegarkan skuad dengan memasukkan pemain kreatif.

Venezuela boleh jadi terus bertahan, tetapi serangan mereka tak bisa diremehkan. Setiap kali memulai serangan balik, Venezuela bisa membikin pertahanan Brasil kerepotan, hanya penyelesaian akhir yang kurang maksimal

Tercatat, Brasil hanya bisa menciptakan satu tembakan tepat sasaran hingga menit ke-79. Mereka jelas tampil tidak cukup bagus. Brasil butuh keajaiban, atau setidaknya pemain spesial yang bisa menciptakan keajaiban. Pada momen seperti inilah Neymar dirindukan.

Hasil Copa America 2019, Brazil 0-0 Venezuela

Tak ada Neymar, Coutinho pun jadi. Brasil akhirnya mencetak gol di menit ke-87 lewat aksi penyerang Barcelona itu. Namun, wasit lagi-lagi meganulirnya, nahas Brasil terulang. Berkat bantuan VAR, wasit menilai gol tersebut tidak sah karena Firmino lagi-lagi berada di posisi offside atau potensi handball. Bagaimanapun, gol tidak sah. Skor masih 0-0.

Skenarionya mirip dengan anulir gol yang pertama. Bukan pencetak gol yang dinilai melanggar, justru Firmino yang dua kali berada di posisi salah pada waktu yang salah.

Venezuela mulai berani memainkan bola pada 7 menit tambahan waktu. Mereka sengaja memainkan bola-bola pendek untuk menurunkan tempo dan mencegah Brasil mendapatkan bola untuk menyerang lagi.

Skor 0-0 menutup pertandingan, Brasil harus menunda langkah ke perempat final.

Susunan Pemain

BRAZIL: Alisson; Alves, Marquinhos, Silva, Luis; Arthur, Casemiro (58′ Fernandinho); Richarlison (46′ Gabriel Jesus), Coutinho, Neres (72′ Everton Soares); Firmino

VENEZUELA: Farinez; Rosales, Osorio, Villanueva, Hernandez; Moreno; Machis (76′ Arquimedes Figuera), Herrera (67′ Yeferson Soteldo), Rincon, Murillo; Rondon (86′ Josef Martinez)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *