Firmino Adalah Pemain Brazil Pertama Yang Sudah Mencetak 50 GOL di Liga Inggris

Roberto Firmino adalah salah satu pencetak gol dalam kemenangan 3-0 Liverpool atas Burnley di pekan keempat Liga Inggris 2019-2020. Gol itu memiliki nilai penting karena dengan begitu pemain berpaspor Brasil tersebut sudah 50 kali mencatatkan namanya pada papan skor di Liga Inggris. Firmino jadi pemain asal Brasil pertama yang mencetak 50 gol di Liga Inggris.

Liverpool membeli Firmino dari Hoffenheim pada bursa transfer musim panas 2015 di era kepelatihan Brendan Rodgers. Firmino yang di era Rodgers lebih sering bermain di sisi sayap bertransformasi menjadi penyerang tengah yang unik di bawah asuhan Jurgen Klopp.

Pemain berpaspor Brasil itu pertama kali mencatatkan namanya di papan skor untuk Liverpool ialah saat The Reds –julukan Liverpool– menang 4-1 atas Man City di Etihad Stadium. Dalam pertandingan pekan ke-13 Liga Inggris 2015-2016 itu, Firmino mencetak gol usai melakukan kerja sama apik dengan Philippe Coutinho pada menit 32.

Setelah gol pertamanya itu, Firmino tak pernah berhenti membobol gawang lawan-lawan Liverpool. Secara keseluruhan, pemain berpaspor Brasil itu sudah membuat 67 gol untuk Liverpool dalam empat musim terakhir ini. Meski bagitu, hal yang paling mengerikan dari Firmino bukanlah kemampuannya membuat gol melainkan kualitasnya dalam membangun serangan.

Ya, Firmino adalah tipe penyerang tengah unik yang tak hanya bisa menyelesaikan operan jadi gol tetapi juga membangun serangan. Firmino bahkan tak jarang terlihat turun hingga ke lini pertahanan untuk merebut bola dari lawan dan memulai serangan.

Catatan 67 gol Firmino diimbangi dengan torehan 49 assist yang dibuatnya untuk Liverpool. Catatan apik yang dimiliki Firmino kemungkinan besar akan terus bertambah karena masih banyak pertandingan yang akan dimainkan Liverpool pada musim ini.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *