Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia

Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia

Channel24indo – Film adalah salah satu bentuk hiburan yang seringkali dinikmati beberapa orang di saat santai seperti akhir minggu atau hari libur. Berbagai film dari beragam genre juga sudah bertebaran di mana-mana serta beberapa penonton dapat memilih untuk menontonnya di bioskop atau download film itu.

Tetapi, nyatanya tidak semua film dapat kalian nikmati di bioskop karna ada yg tidak lulus dari standar Lembaga Sensor Film Nasional di Indonesia. Alasan tidak ditampilkannya film-film itu cukup beragam, dari mulai berbau kekerasan yang terlalu berlebih, unsur SARA, seksualitas atau sangat vulgar, serta ada banyak lagi. Nah, kesempatan ini Channe24indo bakal menuturkan 7 film yang dilarang tampil di Indonesia beserta alasan tidak disiarkannya. Penasaran? Simak yuk!

1. Fifty Shades of Grey (2015)

Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia
Fifty Shades of Grey adalah film yang diangkat dari novel berjudul sama yang menceritakan tentang kisah cinta Christian Grey (Jamie Dornan) serta Anastasia Steele (Dakota Johnson). Menurut umumnya penonton terlebih di belahan bumi Barat, novel Fifty Shades of Grey ini berkesan romantis hingga berharap filmnya jadi sama romantisnya dengan narasi pada novel.

Sayang sekali persepsi romantis yang disebut disini yaitu banyak adegan seksual yang vulgar. Sudah pasti tanpa ada fikir panjang Instansi Sensor Film Nasional segera melarang film ini tampil di Indonesia tahun 2015 lalu.

2. Noah (2013)

Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia
Film yang menceritakan tentang perjalanan Nabi Nuh/Noah (Russel Crowe) menghadapi air bah yang dilimpahkan pada umat manusia ini sesungguhnya mempunyai maksud yang baik, yakni untuk mengingatkan kembali manusia mengenai murka Sang Pencipta. Sayang sekali film yang juga di bintangi Emma Watson ini malah dicekal karna alur ceritanya sama sekali tidak sama dengan alur narasi pada kitab agama mana juga yang ada di Indonesia.

3. Irreversible (2002)


Hanya satu yang paling diingat dari film ini yaitu adegan dimana seorang wanita bernama Alex (Monica Belucci) yang berkelahi dengan pacarnya serta kemudian akan pulang. Di tengah jalan ia malah berjumpa dengan seorang pria yang mengancamnya serta segera lakukan pelecehan seksual dengan cara brutal dan memukulinya sampai hampir tewas. Channel24indo sendiri tidak tahu arti dari adegan itu, tetapi yang pasti ketentuan lembaga sensor film untuk melarang film ini sangatlah pas.

4. True Lies (1994)

Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia
Bila kalian pernah melihat film ini, sesungguhnya tak ada yang salah dengan content yang dihidangkan oleh film laga yang dibintangi oleh Arnold Schwarzenegger ini. Alur narasi yang lumayan bagus serta adegan action yang bagus (setidaknya di saat film ini tampil) malah bikin film ini memperoleh beberapa review positif. Tetapi, instansi sensor film nasional berkata lain. Mereka melarang film ini di Indonesia karna sosok teroris yang digambarkan dalam film ini berkesan memojokkan serta menghadap ke satu diantara agama di Indonesia. Penistaan agamakah?

5. Schindler’s List (1993)

Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia
Schindler’s List adalah film yang menceritakan tentang tragedi Holocaust atau sejenis pembantaian yang dilakukan oleh Nazi pada beberapa orang Yahudi pada saat Perang Dunia II. Pihak lembaga sensor film juga mengambil keputusan melarang film ini tampil di Indonesia karna dikira mengangkat topik yang cukup sensitif dengan kata lain berbau SARA yang cukup kuat. Film ini juga termasuk cukup peka untuk beberapa masyarakat di benua Eropa tetapi masih saja film ini sanggup memperoleh 7 Oscar.

6. Murudeka 17805 (2001)

Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia
Murudeka 17805 dianggap sebagai film propaganda yang merendahkan martabat bangsa Indonesia karna sebagian adegan dalam film ini yang memperlihatkan rakyat Indonesia mencium kaki tentara Jepang sehingga dilarang oleh Lembaga Sensor Film Nasional. Murudeka sendiri memang merupakan film yang menceritakan zaman pendudukan Jepang di Indonesia.

7. Pocong (2006)

Film Kontroversial yang Dilarang Tayang Di Indonesia
Film Pocong yang tampil pada tahun 2006 serta di bintangi oleh aktris Kinaryosih serta aktor Dwi Sasono ini dilarang tampil di Indonesia karna dianggap sangat menunjukkan adegan sadisme, unsur SARA, serta pelecehan seksual yang termasuk brutal dan bisa membuka kembali luka lama pada sebagian masyarakat di Indonesia.

Itulah tadi 7 film yang dilarang tayang di Indonesia, mudah-mudahan berguna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *