Fakta Baru Racun dan Warna Ungu Pada Bibir Lina Jubaedah

Kamis (9/1/2020), Makam mantan istri Sule, Lina Jubaedah yang dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Jalan Sekelimus 1, Kelurahan Batununggal, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat, telah selesai dibongkar polisi.

Pembongkaran makam Lina Jubaedah rencananya dijadwalkan pada pukul 08.00 WIB pada Kamis (9/1/2020). Namun jadwal pembongkaran makam tertunda karena hujan turun di sekitar TPU Jalan Sekelimus, Bandung tempat Lina dimakamkan.

Di lokasi pemakaman dipasang tirai berrwana merah di salah satu sisi makam Lina. Pembongkaran dan otopsi dilakukan secara tertutup. Kuasa hukum Rizky Febian, Bahyuni Zaili mengatakan dalam keterangan laporan kepada pihak kepolisian,

Rizky melihat ada warna ungu yang diduga lebam di sekitar mulut mendiang Lina Jubaedah. “Kalau dilihat (dari keterangan Rizky) di bibirnya tuh ada kayak warna ungu ya dari sini (menunjukkan mulut ke dagu)” kata Bahyuni di lokasi pembongkaran makam Lina untuk otopsi, Kamis.

Bahyuni mengatakan Rizky hanya melihat lebam di sekitar mulut karena bagian tubuh Lina yang lain telah tertutup dengan kain kafan. “Kan sudah terbungkus (kain kafan). Iky tidak melihat (lebam) yang lain,” jelasnya.

Lebam tersebut yang membuat anak pertama mendiang Lina merasa ada kejanggalan atas kematian ibunya hingga melapor ke Polrestabes Bandung pada Senin (6/1/2020). “Kita itu gak tahu karena apa yaa (lebam), makanya kita minta bantuan kepolisian, kemudian dilakukan otopsi, jelasnya.

Otopsi jenazah Lina Jubaedah yang dilakukan polisi sendiri memakan waktu selama 4 jam. Guna untuk kepentingan penyelidikan, polisi pun mengambil sampel racun yang ada di tubuh Lina. Sample racun tersebut, nantinya akan diperiksa lebih lanjut di Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) untuk melengkapi data yang akan menentukan kesimpulan akhir dari hasil otopsi

Sementara itu Dokter Rumah Sakit Bhayangkata Sartika Asih, Robert Tanjung mengatakan hasil dari proses otopsi bisa diketahui paling lama lama dalam dua pekan.

Menurutnya, sampel otopsi akan dibawa untuk dianalisis di Puslabfor Polri. Ia sendiri tidak menjelaskan secara rinci apakah terdapat kejanggalan pada tubuh mendiang Lina. “Nanti setelah hasil ada kita serahkan ke penyidik. Nanti penyidiklah yang akan memutuskan,” jelas Robert.

Di hari yang sama dengan pembongkaran makam Lina Jubaedah, Putri Delina putri komedian Sule dan mendingan Lina Jubaedah diperiksa Penyidik Polrestabes Bandung.

Putri datang memenuhi panggilan penyidik sekitar pukul 18.30 WIB dan terlihat keluar dari Gedung Satreskrim Polrestabes Bandung pukul 23.40 WIB. Penyidikan dilakukan sekitar lima jam.

Putri Delina ditemani dua orang perempuan berkerudung dan dua orang pria. Putri tidak memberikan pernyataan terkait proses pemeriksaan. Terlihat lelah, Putri hanya melemparkan senyuman saat ditanya seputar pemeriksaan oleh awak media.

“Nanti saja ya, kasihan sudah kecapean dari tadi pagi belum istirahat,” kata salah satu rekan Putri, Aris. Salah satu penyidik mengatakan Putri ditanyai banyak pertanyaan seputar kematian Lina Jubaedah. “Yang ditanyakan banyak lah. Terkait saat kematian dia ada di rumahnya itu,” ujar seorang penyidik.

Pemeriksaan Putri adalah kelanjutan dari upaya kepolisian mencari kebenaran dari peristiwa kematian Lina Jubaedah. Selain Putri, suami sah mendiang Lina juga terlihat menjalani pemeriksaan di Polrestabes Bandung. “Mohon maaf ya, kasihan juga Putri-nya kecapekan,” kata Teddy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *