Deddy Mizwar Diperiksa KPK soal Meikarta

Deddy Mizwar Diperiksa KPK soal Meikarta

Channel24indo – Deddy Mizwar memenuhi panggilan penyidik KPK. Dia bakal diperiksa dengan kapasitas sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2013-2018 terkait kasus suap dalam perizinan proyek Meikarta.

“Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS (Billy Sindoro),” ucap Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Rabu (12/12/2018).

Saat tiba di KPK, Deddy mengaku tahu soal rencana perizinan pembangunan proyek Meikarta karena saat itu menurutnya ada keharusan rekomendasi dari Pemprov Jawa Barat. Dia menilai pemeriksaan padanya oleh KPK adalah hal yang wajar.

“Sejak awalnya saya mengatakan ada yang kurang beres (dengan) rencana pembangunan Meikarta,” ucap Deddy.

Selain Deddy, ada sejumlah saksi yang hari ini dipanggil di antaranya:
– Pengacara Perry Cornelius Sitohang;
– Direktur Pencegahan Dampak Lingkungan Usaha dan Kegiatan pada Kementerian Lingkungan Hidup Ary Sudijanto;
– HRD PT MSU (Mahkota Sentosa Utama) Andi Yosua;
– Staf Kabid Tata Ruang PUPR Kabupaten Bekasi Elsawati.

“Kepastiannya nanti penyidik yang akan melakukan pemanggilan apakah dibutuhkan pada saat ini atau dalam pemeriksaan berikutnya karena untuk pihak pemberi tentu kami harus memaksimalkan proses pemeriksaan dan penyidikan sampai batas waktu penahanan selama 60 hari, sedangkan untuk pihak menerima itu bisa 120 hari. Tapi ada kemungkinan akan dipanggil,” ujarnya.

Dalam perkara ini, KPK telah menetapkan sembilan tersangka termasuk Bupati Bekasi nonaktif Neneng Hassanah Yasin dan mantan Direktur Operasional Lippo Group Billy Sindoro. Para tersangka dari jajaran Pemkab Bekasi diduga menerima Rp 7 miliar terkait perizinan proyek Meikarta. Duit itu disebut sebagai bagian dari fee fase pertama yang bernilai total Rp 13 miliar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *