Danau Linting Makan Korban, Berjalan Lalu Tenggelam dan Menghilang

Kabar tak sedap tersebar dari lokasi wisata di pembukaan tahun 2020, tahun baru. Pengunjung obyek wisata Danau Linting yang berada di Kecamatan STM Hulu Kabupaten Deliserdang tenggelam di dalam danau setelah mandi-mandi Rabu (1/1/2020).

Informasi yang dihimpun, korban bernama Anto (45) warga Jln Bakaran Batu Kelurahan Lubukpakam Pekan Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang. Warga keturunan Tionghoa itu datang ke lokasi wisata dengan bersama bersama keluarganya menghabiskan waktu libur tahun baru.

Camat STM Hulu, Budiman menjelaskan kalau kejadian korban tenggelam itu sekira pukul 11.40 WIB. Disebut sebelum korban masuk ke danau terlebih dahulu.

Dia bersama keluarganya makan-makan durian di lokasi. Namun tidak lama kemudian ia berjalan ke arah danau sendiri.

“Dia berjalan  ke arah tengah danau, jadi bukan berenang. Ntah mau menunjukkan keahliannya atau bagaimana. Tapi dia sempat berjalan sekitar 6 meter gitu dari pinggir. Setelah itu barulah dia tenggelam sampai sekarang tidak nampak,” ujar Budiman.

Disebut kalau saat ini tengah dilakukan upaya untuk pencarian korban. Karena air danau cukup panas dan kedalamannya tidak pernah ada yang mengetahui maka ada kendala dalam melakukan pencarian. Warga sekitar juga disebut ikut untuk membantu melakukan pencarian.

“Orang “pintar” di sini juga sudah kita libatkan untuk membantu melakukan pencarian. Warga sini pun sudah sempat masuk ke dalam danau melakukan pencarian tapi hanya sanggup di kedalaman 10 meter saja karena semakin ke bawah airnya kan semakin panas di danau itu,” kata Budiman.

Ia menyebut saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Deliserdang sedang memproses untuk mendatangkan tim SAR guna membantu melakukan pencarian.

Pihak Muspika Kecamatan juga sedang berada di lokasi untuk upaya penanganan sembari memberi penghiburan kepada keluarga korban.

Sekadar diketahui, Danau Linting merupakan salah satu obyek wisata yang memukau di Kabupaten Deliserdang.

Meskipun bentang alamnya memukau namun banyak orang yang takut untuk mandi di tempat ini.

Hal ini lantaran danau yang berwarna hijau ke biru-biruan dikenal memiliki kedalaman yang tidak terukur lantaran airnya semakin dalam semakin panas.

Sebelumnya pada 2017 lalu Ibrahim Perangin-angin, seorang anak berumur 5 tahun ditemukan tewas tenggelam saat mandi-mandi di Danau Linting.

Bocah yang menetap di Desa Gunung Manumpak itu ditemukan tewas oleh Tim gabungan SAR I Medan, Satuan Tugas (Satgas) Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Deliserdang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *