BW Jadi Panelis Debat, Ma'ruf Amin Berharap Bisa Objektif

BW Jadi Panelis Debat, Ma’ruf Amin Berharap Bisa Objektif

Channel24indo – KPU telah merilis nama panelis dalam debat pertama capres cawapres, salah satunya mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (BW). Cawapres KH Ma’ruf Amin berharap para panelis tersebut bisa objektif.

“Ya kita berharap panelis itu dari mana saja, yang penting panelis itu menyampaikan pertanyaan-pertanyaan yang objektif saja, tidak menyudutkan salah satu pihak. Kemudian memberikan angin kepada pihak yang lain,” ucap Ma’ruf di sela-sela acara istighosah korban tsunami Selat Sunda di Pondok Pesantren Malnu, Pandeglang, Banten.

Berdasarkan rilis yang dikeluarkan Humas KPU, Jumat (28/11) terdapat 7 dari 8 daftar nama yang telah dipastikan menjadi panelis. Nantinya panelis ini akan membuat soal materi debat capres.

Adapaun panelis pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana, Mantan Ketua Mahkamah Agung (MA) Bagir Manan, pengajar hukum tata negara dan hukum administrasi negara Bivitri Susanti, Koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Adnan Topan Husodo, dan mantan wakil ketua KPK Bambang Widjojanto, serta ahli hukum tata negara Margarito Kamis.

Menurut Ma’ruf, para panelis juga seharusnya berlaku jujur dan objektif. Dia mengaku tidak mempermasalahkan para panelis tersebut, meski Bambang pada Pilgub DKI 2017 lalu merupakan tim sukses dari pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

“Jadi panelis itu harus berlaku objektif jujur, kalau itu sudah dilakukan saya kira dari kelompok manapun, dari profesi apapun, saya kira itu tidak menjadi masalah buat kita,” tutur dia.

Selain itu, Ma’ruf mengaku tidak masalah terhadap moderator debat capres-cawapres yang dipilih KPU yaitu Ira Koesno dan Imam Priyono. Moderator juga bisa objektif dan tidak memihak pasangan capres-cawapres.

“Yang penting moderator itu tidak memihak, dia menyampaikan secara objektif dan tidak menyudutkan salah satu pihak. Sehingga, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan itu sesuai dengan skenario,” tutur dia.

“Tidak ada penyimpangan, tidak ada yang dirugikan. Siapapun orangnya tentu tidak masalah. Kita percaya KPU memilih mereka yang kredibel,” imbuh dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *