Buka Penyelidikan Baru, KPK Telusuri Pihak Terkait Mafia Anggaran

Buka Penyelidikan Baru, KPK Telusuri Pihak Terkait Mafia Anggaran

Buka Penyelidikan Baru, KPK Telusuri Pihak Terkait Mafia Anggaran

Channel24indo – KPK membuka penyelidikan baru terkait kasus mafia anggaran dalam dana perimbangan. Penyelidikan itu merupakan pengembangan dari kasus yang sudah diungkap sebelumnya.

“Untuk kasus dana perimbangan daerah tersebut memang KPK terus melakukan pengembangan. Kami terus menelusuri pihak-pihak lain yang diduga terlibat dan harus dipertanggungjawabkan, tapi saya belum bisa bicara banyak terkait proses itu karena belum masuk ke penyidikan,” kata Kabiro Humas KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (22/11/2018).

Dalam pengembangan itu, KPK mencari tahu dugaan penerimaan atau pemberian uang di luar kasus sebelumnya. KPK juga fokus mendalami fakta persidangan yang berjalan.

“Tentu yang kami dalami adalah dugaan peristiwa pidana, misalnya apakah ada dugaan penerimaan ataup pemberian uang di sana, nanti poin yang lain juga jadi perhatian KPK kalau sudah ditemukan bukti yang cukup. Sekarang kami ingin dalami terlebih dahulu fakta yang muncul di persidangan termasuk apakah ada pihak penerima lain atau pemberi lain dalam kasus ini,” paparnya.

Terkait penyelidikan baru ini, KPK sudah memeriksa anggota DPR Fraksi PAN Sukiman. Dia mengaku permintaan keterangan itu terkait penyelidikan yang sedang dilakukan KPK.

“Hanya untuk diklarifikasi saja. Nanti biar penyelidik yang apa, (untuk) penyelidikan,” kata Sukiman di gedung KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

Namun dia tak menjelaskan detail apa yang diklarifikasi oleh KPK. Sukiman hanya membenarkan penyelidikan ini terkait Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Iya (soal DAK). Semua sudah saya jelaskan, ya,” ujar Sukiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *