Bisnis Donald Trump di Indonesia

Channel24indo – Donald Trump diberitakan bekerja sama dengan MNC Land, bagian dari konglomerasi MNC Grup punya Hary Tanoesoedibjo, membangun properti di Lido, Jawa Barat serta di Tanah Lot, Bali.

Ada dua properti di Indonesia yang diberitakan dimiliki Donald Trump, Presiden terpilih AS ke 45 yang dilantik pada 20 Januari : resor elegan seluas 3000 hektar di Lido serta resor yang lain di Tanah Lot, Bali seluas 100 hektar.

Tetapi, nyatanya di kedua properti punya MNC Land itu, Donald Trump cuma jadi operator hotel melalui Trump Hotel Collection, bukan hanya sebagai investor atau pengucur dana untuk proyek trilyunan rupiah itu.

” Iya management, seperti operator “, kata Corporate Secretary MNC Grup, Syafril Nasution, pada Channel24indo waktu ditanyakan masalah kemitraan itu.

” Tidak ada (suntikan dana) “, tuturnya.

Hary Tanoesoedibjo, yang memiliki MNC Grup bertemu putra Donald Trump pada Rabu pagi lalu di New York, AS, untuk mendiskusikan perkembangan proyek di Indonesia yang diprediksikan bakal selesai pada 2019.

Dia lalu bertolak ke Washington DC untuk menghadiri pangambilan sumpah Trump sebagai Presiden Amerika Serikat.

” Beliau (Trump) mengundang Pak Hary sebagai partner beliau, rekannya beliau, untuk hadir “, kata Syafril.

Bisnis Donald Trump di Indonesia

Konflik kepentingan

Pada kantor berita Reuters, Hary Tanoe berkata tidak akan menambah proyek baru di Indonesia sejak Trump mengambil keputusan berkampanye jadi calon presiden untuk hindari konflik kepentingan.

” Konflik kepentingan berlangsung jika sesudah pemilihan kami mengambil keputusan untuk memberi proyek baru. Di situ baru kami masuk ke area abu-abu “, kata Hary Tanoe.

” Tetapi, proyek kami telah ditetapkan jauh sebelum itu “, jelas Hary akan kedua proyek yang diawali pada awal 2015 dengan dana $500 juta (Rp 6,5 trilyun) sampai $1 milyar (Rp 13 trilyun) tersebut .

Walaupun Trump telah mundur dari kerajaan bisnisnya, tetapi banyak yang masih cemas akan berlangsung konflik kepentingan lantaran masih di pimpin oleh kedua putranya, yang memakai nama keluarga Trump.

Hary Tanoe sendiri tak sepakat bila terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS bakal mempengaruhi hubungan bilateral kedua negara.

” Dengan AS berkompetisi keras dengan negara besar lain seperti Cina atau negara Eropa lain yang bisa membuat negara itu memindahkan investasinya ke negara lain serta mungkin saja ke Indonesia “, kata Hary Tanoe pada Reuters.

Bisnis Donald Trump di Indonesia

Hubungan politik

Kedekatan Trump serta Hary Tanoe diprediksikan bakal memberi leverage untuk partai Perindo milik Hary Tanoe,

” Dapat dikatakan demikian ”

Hubungan politik sebelumnya tampak saat Hary Tanoe memfasilitasi pertemuan pimpinan DPR Setya Novanto serta Fadli Zon dengan Trump di AS.

” Pak Setya Novanto sedang disana (AS) ingin berjumpa (dengan Trump). Pak Hary cuma menyampaikan ke rekannya “.

Pada Reuters, Hary Tanoe berkata bakal mencari petunjuk politik ke Trump untuk mengambil keputusan apakah dia bakal maju di Pilpres 2019 yang akan datang.

Keduanya yaitu pebisnis yang berpindah jadi politisi.

One thought on “Bisnis Donald Trump di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *