Bela Prabowo yang Salah Sebut Haiti di Afrika, Timses: Jagalah Hati

Bela Prabowo yang Salah Sebut Haiti di Afrika, Timses: Jagalah Hati

Channel24indo – Capres Prabowo Subianto yang salah menyebut Haiti sebagai salah satu negara miskin di benua Afrika menjadi bahan ledekan. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno meminta kekeliruan itu tidak dibesar-besarkan.

Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga, Faldo Maldini, menjelaskan banyak data yang dipegang oleh capres nomor urut 02 itu. Sehingga, menurutnya wajar jika Prabowo keliru mengategorikan salah satu negara di benua Amerika itu.

“Saking banyaknya data yang dipegang oleh Mas Bowo, saya kira, makanya ada yang terkategori ke benua lain,” ujar Faldo, kepada wartawan, Kamis (27/12/2018).

Namun, dia enggan jika kemudian apa yang dipermasalahkan tidak sesuai substansi yang ada. Padahal menurutnya, apa yang disampaikan oleh Prabowo adalah soal tingkat kemiskinan Indonesia yang semakin mengkhawatirkan.

“Substansinya kan jadi mengambang, ditutupi oleh hal seperti itu. Jangan sampai lah, masyarakat malah melihat ledekan-ledekan dan eksploitir kesalahan yang berlebihan dilakukan kelompok petahana,” katanya.

“Jelaskan saja cara nurunin angka stunting, minimal sama kayak Haiti. Lalu, sampaikan kenapa itu tidak dilakukan selama ini,” sambung Faldo.

Ledekan kepada Prabowo soal Haiti sebelumnya dilontarkan oleh Sekjen PPP Arsul Sani. Arsul mengatakan, sejak pidato Prabowo yang salah mengategorikan Haiti sebagai negara miskin di benua Afrika, ada lelucon ‘haiti-haiti’ di jalan jangan nyasar ke Afrika yang muncul. Haiti diketahui negara yang berada di Benua Amerika.

“Kalau kata AA Gym, jagalah hati, kami tidak perlu ikut ledek-ledekan. Kalau pemerintah sana, mungkin lagunya jagalah Haiti. Musimnya lebih kejam dari kita, tentunya cocok tanam sumber nutrisi tidak semudah kita, tetapi bayi stuntingnya presentasenya di bawah kita. Itu kan kaitannya ke gizi ibu, anemia, sanitasi buruk, dan sebagainya,” tutur Faldo.

“Kalau Mas Bowo menang, kita sarankan Menkes diberangkatin belajar ke Haiti, nanti kalau jadi Pak Asrul ikutan saja, haiti-haiti ya,” tambahnya balik meledek.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *