Awas, Abrasi di Pantai Luamajang Mengkhawatirkan

Awas, Abrasi di Pantai Luamajang Mengkhawatirkan

Channel24indo – Abrasi Pantai Tempursari, Lumajang mengakibatkan sejumlah bangunan di objek wisata ini dalam kondisi kritis. Petugas pun memasang garis polisi agar wisatawan tak mendekatinya.

Garis polisi dipasang di bagian bangunan yang mengggantung di tepi pantai. Setidaknya terdapat 4 rumah makan dan 1 musala di Pantai Tempursari yang kondisinya kritis akibat abrasi.

“Kondisi bangunan yang menggantung seperti ini sangat berbahaya sekali,”kata Kapolres Lumajang AKBP M Arsal Sahban kepada wartawan di lokasi, Sabtu (29/12/2018).

Selain memasang garis polisi, korps berseragam cokelat ini juga memasang papan imbauan bahaya gelombang tinggi di tepi pantai. Hal ini dilakukan agar abrasi pantai yang terjadi tidak membahayakan para wisatawan yang sedang berlibur.

“Ini adalah langkah antisipatif kami untuk mencegah adanya korban di lokasi wisata pantai Tempursari ini,” terang Arsal.

Abrasi Pantai Tempursari juga mengikis tepi pantai sejauh 8 meter. Bibir pantai yang terkena abrasi sepanjang 200 meter.

Sementara Pengelola wisata Pantai Tempursari, Qomarudin mengaku dampak abrasi ini menyebabkan jumlah kunjungan wisatawan yang menikmati libur tahun baru, menurun.

Biasanya ada sekitar 500-an wisatawan, saat terjadi abrasi pantai, hanya ada 100-an saja yang menghabiskan liburan.

“Kunjungan jumlah wisatawan yang berlibur di wisata Pantai Tempursari menurun akibat abrasi pantai yang merusak sejumlah warung,” ujar Qomarudin.

Pemilik warung makan di pesisir pantai juga merasakan jumlah penurunan wisatawan yang datang. Biasanya mereka bisa menghabiskan hingga 20 kg ikan segar per hari. Kini, hanya 3 kg/hari.

“Dampak abrasi ini mengakibatkan penurunan pendapatan kami, kalau biasanya bisa dapat lebih dari Rp 100 ribu/hari, kini sekitar Rp 30 ribu/hari saja ” ujar Marji, salah satu pemilik warung makan.

Hal yang sama disampaikan Ngatemi. “Wisatawan yang datang di pantai ini menurun dari biasanya, padahal sebelum abrasi sangat ramai,” tegasnya.

Abrasi Pantai Tempursari ini mengakibatkan tiga bangunan rumah makan dan sebuah mushala rusak parah. Selain itu juga pesisir pantai sepanjang 200 meter habis terkikis air laut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *