Alasan Ahok Ingin Bebas Murni

Alasan Ahok Ingin Bebas Murni

Channel24indo – Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sudah dihukum selama lebih dari 1 tahun penjara terkait masalah penistaan agama. Selanjutnya, dia dapat mengajukan bebas bersyarat.

Lalu, seperti apa sikap Ahok terkait bebas bersyarat yang diberikan? Tidak seperti tokoh-tokoh pejabat negara yang terserang jerat hukum serta menyambut gembira, Ahok justru mengambil keputusan untuk tetap tinggal di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok.

Kakak angkat Ahok, Nana Riwayatie, mengungkap alasan sang adik tidak ingin secepatnya keluar penjara. Pertama, untuk alasan keamanan. Kedua, Ahok tengah sibuk menyelesaikan tiga bukunya.

Ini sekaligus juga membantah gosip yang beredar pria kelahiran 29 Juni 1966 itu keluar penjara di hari ulang tahunnya.

Di bawah ini beberapa bukti Ahok tidak keluar penjara saat memperingati hari lahirnya.

1. Bebas Bersyarat Tidak Diambil

Nana Riwayatie mengungkap, bebas bersyarat yang didapat sang adik akan dimulai Agustus 2018.

Tetapi, adiknya dengan tegas menyampaikan, tidak mengambil peluang itu untuk bertemu keluarganya.

Ahok, ucap Nana, tetap akan melakukan aktivitas seperti biasa didalam Rutan Mako Brimob. Karena dia sekarang tengah disibukkan dengan menulis buku.

Nana mengakui, dirinya juga melarang keras Ahok untuk keluar tahanan. Karena banyak orang-orang yang tidak senang dan berupaya mencari jalan supaya Ahok kembali mendekam di penjara.

2. Tidak Pegang HP di Penjara

Diluar itu, menurut Nana Riwayatie, mantan Gubernur DKI Jakarta itu adalah sosok pribadi yang disiplin serta tunduk pada peraturan.

Jadi, begitu sudah sempat beredar berita, bahwa Ahok keluar penjara untuk rayakan hari ulang tahunnya bersama dengan keluarga dan kerabat, merupakan tidak benar. Selama di penjara, dia bahkan juga tidak memegang handphone atau HP.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan Artalyta Suryani yang mendekam dibalik jeruji besi. Artalyta merupakan seorang pengusaha Indonesia yang di kenal karena keterlibatannya dalam masalah penyuapan jaksa kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

Kala itu saat sidak dilakukan petugas ke kamarnya, beberapa barang mewah ditemukan. Tidak terkecuali satu unit ponsel merek Blackberry yang dipakainya.

3. Tidak Berani Keluar Halaman Mako Brimob

Selama masa kepemimpinannya menjadi Gubernur DKI Jakarata, sosok Ahok di kenal sangat disiplin serta patuh pada peraturan.

Kedisiplinannya yang tinggi dibawanya terus ke Rutan Mako Brimob, Depok. Peraturan yang berlaku dijalankan.

Ayah tiga anak ini bahkan juga tidak pernah pergi keluar halaman Mako Brimob.

4. Bebas Murni Januari 2019

Karena disiplin serta patuh akan peraturan yang berlaku, ditambah tidak pernah melakukan perbuatan onar selama di tahanan, Ahok bisa memperoleh bebas murni.

Menurut kakak angkatnya, Nana Riwayatie, hal tersebut dikarenakan selama masa tahanan, Ahok memperoleh remisi atau pengurangan hukuman.

Remisi pertama Ahok di terima, pada 25 Desember 2017 waktu Hari Raya Natal. Tanggal 17 Agustus besok, dia akan kembali terima remisi, karena sudah menjalani masa tahanan 12 bulan lebih.

Bila mendapatkan remisi lagi, yaitu remisi penambahan dan remisi khusus pada Natal 2018, maka mantan suami Veronica Tan ini dapat bebas pada 4 Januari 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *