Ahok Tak Ambil Hak Cuti Jelang Bebas Luar Biasa

Ahok Tak Ambil Hak Cuti Jelang Bebas Luar Biasa

Channel24indo – Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok resmi bebas murni hari ini. Bebas murninya Ahok itu menuai kekaguman dari Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang Andhika Dwi Prasetya.

“Satu hal yang menurut kami, pengalaman kami luar biasa, beliau ini (Ahok) belum pernah saya temui narapidana tidak mengambil haknya seperti pembebasan bersyarat, cuti menjelang bebas,” ujar Andhika di Lapas Cipinang, Jakarta Timur, Kamis (24/1/2019).

Untuk diketahui, narapidana mendapatkan hak cuti menjelang bebas. Cuti ini diperuntukkan bagi narapidana yang tidak bebas bersyarat. Cuti menjelang bebas dapat diajukan jika narapidana telah menjalani minimal dua pertiga masa tahanan.

Andhika mengaku baru pertama kalinya bertemu narapidana yang memutuskan tidak mengambil hak-haknya. Dia pun menyebut ini sebagai pengalaman yang luar biasa. “Baru ketemu ini saya seumur saya menjadi petugas pemasyarakatan,” katanya.

Seperti diketahui, Ahok hari ini bebas murni setelah menjalani masa hukuman dalam kasus penodaan agama. Dia ditahan dalam pengawasan Lapas Cipinang, dengan dititipkan ke rutan di Mako Brimob.

Ahok telah menjalani hukuman selama 1 tahun 8 bulan 15 hari setelah divonis 2 tahun dipotong remisi. Pagi ini, sekitar pukul 07.30 WIB, Ahok dijemput keluarga di Rutan Mako Brimob.

“Pastinya beliau figur pemimpin. Menunjukkan sifat-sifat kepemimpinan yang kami lihat dan kami monitor selama menjalani proses pemidanaan,” kata Andhika menjawab pertanyaan wartawan mengenai perilaku Ahok saat ditahan.

Menurut Andhika, bertemu dengan Ahok merupakan pengalaman yang luar biasa bagi dirinya dan semua jajarannya. Sebab, ini pertama kalinya dia menemui seorang terpidana yang enggan mengambil haknya, seperti pembebasan bersyarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *